9 Negara Paling Banyak Cuitkan Isu Papua Barat

evn, CNN Indonesia | Kamis, 05/09/2019 11:50 WIB
9 Negara Paling Banyak Cuitkan Isu Papua Barat Ilustrasi. (Foto: LOIC VENANCE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengamat media sosial dari Drone Emprit, Ismail Fahmi memetakan cuitan terkait isu Papua Barat yang mengisi jagat Twitter bukan hanya dari Indonesia. Ada sembilan negara yang paling banyak mencuitkan isu Papua Barat antara lain Australia, Inggris, Kuba, Selandia Baru, Jerman, Amerika Serikat, Papua New Guinea, Spanyol, dan Fiji.

Indonesia tercatat paling aktif cuitan mengenai isu Papua Barat dengan 1.158 pengguna, disusul Australia dengan 479 pengguna, dan Inggris dengan 225 pengguna.

Jika dirinci berdasarkan kota, Drone Emprit mencatat Jakarta paling banyak mencuitkan isu terkait Papua Barat dengan 310 mention. Disusul Sydney dengan 181, Havana dengan 174, dan Melbourne dengan 129 topik isu Papua Barat.




Ismail mengatakan cuitan mengenai Papua Barat tidak semuanya dikategorikan sebagai hoaks, tapi negatif untuk Indonesia.

"Mereka (cuitan mengenai Papua Barat) semua kan mengamplifikasi kampanye pro free Papua Barat, jadi negatif buat Indonesia," ucapnya kepada CNNIndonesia.com melalui pesan teks, Rabu (4/9).

Menkominfo Rudiantara sebelumnya menyampaikan penyebaran hoaks terkait gejolak di Papua dilakukan dari 20 negara dan banyak disebar melalui Twitter.

"(Berasal dari) 20 negara lebih yang mention-nya berasal dari negara tersebut, tetap belum tentu warga negara tersebut yang (memposting). Tetapi asalnya dari negara tersebut," kata Rudiantara di Jakarta, Selasa (3/9).

Kemenkominfo hingga 2 September 2019, Kemenkominfo sudah mendeteksi setidaknya ada 555 ribu URL atau kanal yang digunakan untuk menyebarkan hoaks. Penyebaran hoaks provokasi yang sifatnya mengadu domba hingga 30 Agustus 2019 tertinggi mencapai 75 ribu.

(evn/evn)