ANALISIS

Bimbel Konvensional di Tengah 'Gempuran' Bimbel Online

CNN Indonesia | Senin, 11/11/2019 08:24 WIB
Perusahaan rintisan (startup) pendidikan atau bimbel online yang semakin menjamur merupakan penanda dampak penetrasi digital yang terus tumbuh di Indonesia. Ilustrasi bimbel online.
Dihubungi terpisah, Pengamat Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sekaligus Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber dan Komunikasi CISSReC Pratama Persadha mengatakan keberadaan e-learning merupakan bentuk disrupsi teknologi.

"Disrupsi teknologi pasti terjadi dimanapun, dan sekarang terjadi di bimbingan belajar," ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Disrupsi teknologi ini di mata Persadha akan menyebabkan sentralisasi modal di kota-kota besar. Oleh karena itu, desentralisasi modal merupakan pekerjaan rumah pemerintah yang sesungguhnya bisa dilakukan dengan kemajuan teknologi.


"Hal ini bisa dipahami, karena akses teknologi, regulasi dan SDM berkumpul di kota besar dan ibu kota. Kemajuan teknologi bisa mendorong desentralisasi ekonomi, bukan malah menjadi alat sentralisasi ekonomi digital," tuturnya.

Pratama mengatakan e-learning bukanlah hal yang baru. Awalnya e-learning dipopulerkan di Youtube melalui tips dan trik.

"Bedanya adalah Ruang Guru, Zenius, Quipper mengemasnya lebih padat dan tertata sehingga bisa menjadi semacam buku digital yang bisa dibuka di manapun," kata Pratama.


Pratama mengatakan pada dasarnya konten digital tidak akan pernah bisa menggantikan kehadiran seorang guru yang tak hanya berperan untuk mengajar tapi juga membentuk budi pekerti siswa.

Lebih lanjut ia mengatakan fleksibilitas bimbel online yang mengedepankan jargon belajar di mana dan kapan saja membuat kontrol waktu pada anak menjadi kurang efektif. Anak bisa beralasan sedang bimbel online padahal sedang mabar gim online.

"Bimbingan yang tidak langsung bisa saja menghilangkan sisi keteladanan dan juga kontrol seorang guru. Meski bisa dikurangi misalnya dengan bimbingan belajar yang kontennya mengedepankan norma susila budaya, sehingga tidak hanya pertanyaan dan jawaban saja," ujarnya.

(jnp/DAL)
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK