Senyawa Detergen yang Disebut Ampuh Bunuh Corona

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Senin, 16/03/2020 20:57 WIB
Senyawa Detergen yang Disebut Ampuh Bunuh Corona Ilustrasi detergen bisa bunuh virus corona. (Foto: acworks/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masyarakat diminta mengisolasi diri jika khawatir terjangkit virus corona. Di sela-sela isolasi diri masyarakat diharapkan bersih-bersih peralatan makan dan minum, serta selalu mencuci peralatan makan dan minum dengan detergen.

Detergen yang dimaksud Juru bicara pemerintah RI untuk kasus corona (Covid-19) Achmad Yurianto sangat ampuh membunuh bakteri hingga virus yang bersarang di pakaian. Salah satu jenis virus yang saat ini tengah ramai diperbincangkan adalah virus corona (SAR-Cov-2).

Berikut zat-zat dalam detergen:


1. Desinfektan yang Mengandung Minyak Pinus

Menurut The Spruce, ada beberapa produk disinfektan yang mengandung minyak pinus seperti Pine-Sol, Spic-n-Span Pine, dan Lysol Pine Action.

Caranya, produk itu mesti dicampurkan pada awal proses pencucian. Agar lebih efektif membunuh virus dan bakteri, kita mesti memilih produk disinfektan yang mengandung 80 persen minyak pinus.

Minyak pinus tak hanya dipakai untuk campuran bahan detergen, tetapi minyak ini juga termasuk komponen pembuatan kosmetik hingga produk perawatan rambut.

2. Fenolik

Disinfektan ini cocok digunakan untuk kain berwarna putih dan berwarna. Disinfektan fenolik dapat dicampurkan dengan air hangat.

Senyawa fenolik sendiri merupakan senyawa yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Senyawa ini berupa zat padat yang tidak berwarna, tetapi jika teroksidasi akan berubah menjadi gelap.

3. Klorin Cair (Natrium hipoklorit)

Senyawa ini juga dikenal sebagai pemutih klorin, dibuat dari sodium hipoklorit dan air. Pemutih klorin efektif untuk menghilangkan noda dari bahan putih karena dapat menghasilkan oksigen saat kontak dengan air.

Efek pemutihan, pembersihan, penghilang bau tak sedap, dan korosif dari natrium hipoklorit disebabkan oleh oksidasi dan hidrolosis. Kotoran organik yang terpapar hipoklorit menjadi larut dalam air dan tidak mudah menguap.

Supaya lebih efektif, konsentrasi natrium hipoklorit mesti sebesar 5,25 persen sampai 6,15 persen.

[Gambas:Video CNN]

4. Senyawa Amonium Kuartener

Deterjen yang mengandung senyawa kuartener biasa ditemukan pada produk Lysol dan Clorox.

Senyawa amonium kuartener dapat bekerja dengan efektif jika melalui peningkatan alkalinitas melalui formulasi dengan detergen yang cocok sehingga memperkuat aktivitas bakterisidal (aktivitas membunuh bakteri) seperti dilansir Tneutron. (din/mik)