Jadi Pemilik Baru, Berikut Sederet Ide Elon Musk Ubrak-abrik Twitter

CNN Indonesia
Sabtu, 14 Mei 2022 14:28 WIB
Kebebasan berpendapat hingga monetisasi jadi sorotan bagi Elon Musk untuk platform Twitter. Elon Musk punya sederet rencana untuk memajukan Twitter. (Foto: AFP/OLIVIER DOULIERY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Elon Musk berencana "mengubrak-abrik" Twitter usai ia membeli aplikasi microblogging itu. Kebebasan berpendapat hingga monetisasi jadi sorotan baginya.

Beberapa hal yang mungkin terjadi, usai ia menyelesaikan akuisisi Twitter senilai US$44 miliar.Kemungkinan itu jadi perbincangan hangat jelang Musk mencomot Twitter.

Sejumlah pihak juga mempertanyakan berbagai kemungkinan apakah Twitter akan banyak perubahan di bawah tangan dingin Elon Musk. Berikut CNNIndonesia.com merangkum catatan daftar rencana Elon Musk untuk Twitter:


CEO Twitter akan diganti

Pada April lalu, sumber yang mengetahui kondisi tersebut membeberkan kepada Reuters. Dilaporkan Musk telah menunjuk CEO baru untuk Twitter.

Sebelumnya Musk diperkirakan bakal menjadi CEO sementara dalam beberapa bulan di Twitter setelah proses akuisisi selesai. Namun hingga kini belum banyak diskusi tentang apakah pengambilalihan Musk atas perusahaan akan mengarah pada perombakan kepemimpinan.

Parag Agrawal saat ini masih menjabat sebagai CEO Twitter. Tetapi nasib Agrawal masih belum bisa dipastikan usai Elon Musk mengumumkan pembelian saham keseluruhan Twitter. Musk orang terkaya di dunia saat ini juga menjabat sebagai CEO Tesla, SpaceX dan The Boring Company.

Akun pemerintah dan komersil berbayar

Musk mengatakan pada Rabu (4/5) bakal mengenakan biaya kepada sebagian pengguna Twitter, seperti korporasi untuk kebutuhan komersial atau pejabat pemerintah. Namun, ia memastikan Twitter akan tetap gratis untuk masyarakat biasa.

Berbagai cara menghasilkan uang Elon sampaikan kepada bank yang menyetujui pinjaman akuisisi Twitter. Informasi tersebut diberikan saat ia mengajukan pinjaman ke bank, hanya beberapa hari setelah mengajukan penawaran ke Twitter pada 14 April.

Orang terkaya dunia tersebut harus meyakinkan bank bahwa Twitter bisa menghasilkan arus kas yang cukup untuk membayar utang.

Embed tweet berbayar

Selain akan menerapkan tarif bayaran ke akun pemerintahan atau komersil, Musk akan mengembangkan cara monetisasi twit yang berisi informasi penting atau cuitan viral. Termasuk membebankan biaya ketika situs pihak ketiga ingin menyematkan (embed) tweet dari individu atau organisasi yang terverifikasi.

Elon Musk dengan Sederet Rencana untuk Twitter

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER