Pertama Kali Masuk Gudang Bulog, Jokowi Salurkan Raskin

Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 25/02/2015 11:50 WIB
Pertama Kali Masuk Gudang Bulog, Jokowi Salurkan Raskin Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN, Rini Soemarno (empat dari kiri), Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (ketiga dari kiri), Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel (kanan) melakukan koordinasi sebelum peninjauan penyaluran serentak beras miskin (raskin) dan operasi pasar tahun 2015 di Gudang Perum Bulog, Jakarta Utara, Rabu (25/2). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengaku baru pertama kali menginjakkan kakinya di gudang Perum Bulog. Dalam kesempatan pertama itu pula Presiden memutuskan menyalurkan kembali beras miskin alias raskin.

“Kalau ke Pasar Cipinang sudah ratusan kali,” kata Presiden di gudang Bulog di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (25/2).

Lebih lanjut Jokowi mengatakan bahwa stok beras nasional sebetulnya mencukupi sampai masa panen. Angkanya mencapai 1,4 juta ton.


Pemerintah, kata Presiden, memutuskan akan menyalurkan beras miskin (raskin) sampai habis. Begitu habis, akan didorong lagi sebanyak 300 ribu ton.

“Operasi pasar beras dibutuhkan, akan kita dorong agar beras terus masuk ke pasar,” tutur Presiden lagi.

Presiden mengatakan, beras akan disalurkan ke Pasar Induk Cipinang dan pasar beras terbesar. Ini demi mencegah pemikiran bahwa pemerintah kekurangan stok, tidak ada suplai atau pasokan beras.

“Supaya suplai dan demand seimbang, dan harga kembali ke posisi normal,” ujar Presiden.

Penyaluran raskin oleh Presiden ini sendiri menimbulkan tanda tanya. Soalnya dalam beberapa kesempatan sebelumnya, sejumlah menteri menyatakan program ini akan dihapuskan. (Baca: Pemerintah Galau Lanjutkan Program Raskin) (ded/ded)