Coret Australia, Bebas Visa Berlaku Bagi Turis Empat Negara

Resty Armenia, CNN Indonesia | Minggu, 15/03/2015 09:24 WIB
Coret Australia, Bebas Visa Berlaku Bagi Turis Empat Negara (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah tidak jadi memberikan fasilitas bebas visa bagi turis asal Australia dengan hanya menyetujui turis asal empat negara yang bisa menikmati fasilitas tersebut dalam waktu dekat. Ke-empat negara tersebut adalah Tiongkok, Korea Selatan, Rusia, dan Jepang

Padahal ketika melontarkan wacana pembebasan visa 12 November 2014 lalu, nama Australia sempat masuk dalam daftar negara yang warganya bisa bebas melancong ke Indonesia tanpa visa. Fasilitas tersebut disiapkan pemerintah demi mencapai target kunjungan turis asing sebanyak 10 juta orang tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil sama sekali tidak menyinggung apakah keputusan untuk membatalkan fasilitas bebas visa bagi turis Australia terkait dengan memanasnya iklim politik dengan pemerintah negeri kangguru akibat rencana eksekusi mati kedua warga negaranya.


Sofyan hanya menjelaskan bahwa dengan membebaskan visa bagi turis ke-empat negara itu maka total negara yang warganya bebas visa masuk ke Indonesia menjadi 19 negara.

Sebelumnya, aturan bebas visa sudah diberlakukan pemerintah bagi turis Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Hong Kong Special Administration Region (Hong Kong SAR), Makau Special Administration Region (Makau SAR), Cile, Maroko, Peru, Vietnam, Ekuador, Kamboja, Laos, dan Myanmar.

“Kami memperkirakan turis asal 19 negara ini sudah meng-cover 95 persen turis yang datang ke Indonesia,” kata Sofyan di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (13/3).

Menurut mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu, pemerintah akan terus melakukan studi untuk menyeleksi negara yang warganya bisa memperoleh aturan bebas visa ke Indonesia.

Sebab aturan bebas visa bagi turis asing merupakan salah satu dari sejumlah paket kebijakan yang akan dijalankan pemerintah dalam menghadapi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Dengan mengurangi beban biaya dan waktu untuk mengurus visa ke Indonesia, pemerintah berharap akan semakin banyak turis asal negara-negara yang memperoleh fasilitas bebas visa untuk berlibur di Indonesia.

Dengan semakin banyak turis asing yang datang, pemerintah berharap jumlah uang berdenominasi dolar dan mata yang lain yang dibelanjakan para turis tersebut terus meningkat sehingga bisa lebih banyak dolar masuk ke Indonesia. (gen)