Jadi Dirjen Migas, Wiratmadja Singkirkan Husein dan Jugi

Diemas Kresna Duta, CNN Indonesia | Selasa, 05/05/2015 21:26 WIB
Jadi Dirjen Migas, Wiratmadja Singkirkan Husein dan Jugi Dirjen Migas yang baru I Gusti Nyoman Wiratmadja. (CNN Indonesia/Gentur Putro Jati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said memastikan kursi Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) ke depan akan diduduki oleh I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja. Hal ini diputuskan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih memilih Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut ketimbang dua kandidat lain yang disodorkan panitia seleksi lelang jabatan Kementerian ESDM yakni Muhammad Husein dan Jugi Prajogio.

"Dengan keteguhan akhirnya saya bisa yakinkan (Presiden). Nantinya Pak Wiratmadja akan bekerjasama dengan Pak Amien Soenaryadi (Kepala SKK Migas)," ujar Sudirman dalam acara Tatap Muka Bersama Menteri ESDM dengan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS), Selasa malam (5/5).

Penegasan ini menjawab rumor yang menyatakan Jokowi telah memilih Husein yang mantan Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Pertamina (Persero) sebagai Dirjen Migas seperti yang ramai diberitakan sebelumnya. Kabar yang beredar, adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla yang lebih condong memilih Husein sebagai Dirjen Migas.

"Insyaallah Profesor Wiratmadja akan bekerja secara profesional," kata Sudirman.


Mantan bos PT Pindad (Persero) mengatakan pelantikan Wiratmadja rencananya akan digelar Kamis (7/5). Sedianya, Wiratmadja bakal dilantik bersama empat nama eselon I yang baru bersama sejumlah pejabat eselon II baru di lingkungan Kementerian ESDM.

"Ke depan eselon I dan II akan diisi oleh yang berintegritas," tegas Sudirman. (gen)