Menkeu: Obligasi Khusus Cara Tepat Kembalikan Uang Negara

Elisa Valenta Sari, CNN Indonesia | Senin, 08/06/2015 22:22 WIB
Menkeu: Obligasi Khusus Cara Tepat Kembalikan Uang Negara Menkeu Bambang Brodjonegoro (kanan). (ANTARA FOTO/Andhika Wahyu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Bambang P.S Brodjonegoro mengatakan rencana Direktorat Jenderal Pajak untuk menerbitkan obligasi khusus demi menarik kembali uang negara (repatriasi) yang dibawa kabur terpidana ke luar negeri merupakan langkah yang tepat.

"Memang yang paling penting adalah untuk beli obligasi negara," ujar Bambang saat ditemui usai rapat kerja dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), di Jakarta, Senin (8/6).

Namun Bambang mengatakan usulan tersebut masih menjadi pembahasan antara Direktorat Jenderal Pajak dengan pengusaha dan DPR.


“Nanti itu jadi bagian dari tax amnesty yang masih kita bicarakan di awal," katanya.

Sebelumnya Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan menilai surat utang negara dan pajak merupakan salah satu instrumen yang potensial untuk menampung dana-dana terparkir di luar negeri.

Namun, Kepala BKF Suahasil Nazara mengatakan untuk menarik dana triliunan rupiah tersebut dibutuhkan rangsangan berupa pengampunan pidana (special amnesty) yang sampai saat ini belum dapat terlaksana karena masih terganjal aturan hukum.

"Obligasi itu salah satu alatnya, tapi detilnya sampai ke mekanismenya belum kami bahas dengan DPR," ujar Suahasil kepada CNN Indonesia. (gen)