Menkominfo: Indonesia Akan Jadi Pusat Ekonomi ASEAN

Patricia Diah , CNN Indonesia | Minggu, 27/08/2017 14:08 WIB
Menkominfo: Indonesia Akan Jadi Pusat Ekonomi ASEAN Rudiantara menilai, Indonesia memiliki pasar terbesar di antara negara-negara ASEAN. Ini akan membuat Indonesia jadi pusat ekonomi digital pada 2020 nanti. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut bahwa Indonesia akan menjadi pusat dari ekonomi digital di kawasan ASEAN. Ia meramal, hal itu akan terjadi pada tahun 2020 mendatang.

Apalagi, Rudiantara menilai, pasar terbesar di ASEAN berada di Indonesia. "Masa pasar paling besar di Indonesia, tapi aktivitas regionalnya ada di tempat lain," ujarnya usai Parade 50 ASEAN di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (27/8).

Sebagai pasar terbesar, ia menyampaikan, Indonesia harus terus mendorong investasi pihak luar ke Indonesia. Namun demikian, investasi itu tidak hanya untuk kepentingan Indonesia saja, tapi juga untuk kepentingan ASEAN.


Salah satu contoh, kata Rudiantara, terkait dengan pendirian Research & Development (R&D) oleh Apple di Indonesia. Perusahaan bergengsi yang tergabung dalam Silicon Valley di Amerika Serikat tersebut baru memiliki dua unit R&D di luar markasnya.

"Apple kan mendirikan R&D di luar Amerika, nomor dua ada di Indonesia, ini harus dikembangkan. Tidak hanya untuk Indonesia, harus dikembangkan (Indonesia) jadi hub atau center untuk ASEAN," tutur dia.

Potensi lain yang dimiliki oleh Indonesia untuk bisa menjadi pusat digital ekonomi di ASEAN, yakni puncak bonus demografi yang akan terjadi di tahun 2028 mendatang.

"Tahun 2028 tinggal 10 tahun lagi, dekat, kita harus rebut, manfaatkan, kita juga harus datangkan orang untuk investasi di Indonesia. Bukan hanya uang, tapi juga sumber daya manusia," terang dia. (bir)