Besok, Menteri Jonan Beberkan Detil Negosiasi Freeport

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Senin, 28/08/2017 20:10 WIB
Besok, Menteri Jonan Beberkan Detil Negosiasi Freeport Pernyataan itu disampaikan usai menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka petang ini. Menko Luhut dan Menko Darmin turut hadir dalam pertemuan. (Dok. PT Freeport Indonesia).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menegaskan, akan menjelaskan secara rinci mengenai keputusan final negosiasi pemerintah dengan PT Freeport Indonesia, besok Selasa (29/8).

"Besok pukul 10," ujar Jonan di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (28/8).

Pernyataan itu disampaikan usai menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka petang ini. Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution turut menghadiri pertemuan.


Beberapa menteri terkait lainnya juga hadir, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

Menko Luhut, Darmin, dan Sri Mulyani, sempat meninggalkan Istana sebelum akhirnya kembali yang diduga untuk membahas tindak lanjut Freeport Indonesia.

Tak ada satupun menteri yang menjelaskan hasil pertemuan atau kemungkinan hasil negosiasi bersama perusahaan tambang yang bermarkas di Amerika Serikat tersebut. Jonan juga enggan mendetailkan hal itu.

Namun, sebelumnya, mantan Menteri Perhubungan ini menyebutkan negosiasi final bersama PTFI dilakukan akhir bulan ini.

Beberapa hal yang harus disepakati, yakni divestasi 51 persen, kelangsungan operasional, dan pembangunan smelter pasca penerbitan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017 mengenai Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Hal lain yang perlu dinegosiasikan, seperti perpajakan dan retribusi daerah. Namun, hal itu sepenuhnya diserahkan kepada Sri Mulyani.