Jokowi Beri Selamat Depan Kabinet Kerja, Sri Mulyani Tersipu

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Senin, 12/02/2018 17:21 WIB
Jokowi Beri Selamat Depan Kabinet Kerja, Sri Mulyani Tersipu Menteri Keuangan Sri mulyani tersipu malu ketika Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat dan menyalaminya di depan seluruh menteri Kabinet Kerja. (REUTERS/Darren Whiteside).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tersipu malu ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung penghargaan yang diterima mantan direktur pelaksana Bank Dunia tersebut sebagai Menteri Terbaik di Dunia. Apalagi, pujian tersebut disampaikan Jokowi di hadapan seluruh menteri Kabinet Kerja dan kepala lembaga.

"Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat terlebih dahulu kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mendapatkan sebuah kepercayaan menjadi menteri terbaik. Satu-satunya menteri terbaik di dunia," ujarnya saat membuka sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Senin (12/2) siang.

Gelak tawa langsung terdengar riuh bersamaan dengan tepuk tangan para menteri Kabinet Kerja. Sementara Sri Mulyani hanya tersipu malu seraya menggelengkan kepalanya ke arah Jokowi.



Suasana sidang kabinet paripuna mencair seketika saat Jokowi memilih menyalami Sri Mulyani langsung. Sekali lagi, tepuk tangan memeriahkan ruangan. KSP Moeldoko, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung pun berdiri ketika Jokowi berjalan ke arah Sri Mulyani.

Anie, panggilan akrab Sri Mulyani, menyambut salam kepala negara. Ia juga berjalan ke arah Wakil Presiden Jusuf Kalla dan bersalaman.

Sebelum masuk ke ruangan sidang, Anie sempat mengatakan bahwa ia telah diberitahu panitia World Government Summit sepekan sebelum menerima penghargaan tersebut.


Ia bercerita, delapan menteri dari banyak negara turut meramaikan jajaran nominasi. Ernst & Young sebagai lembaga independen mendapatkan masukan dari seluruh dunia swasta, media massa, media sosial, serta investor.

"Leadership presiden dalam komitmen membuat kami berkiprah maksimal. Ini masih reform bersama, kebetulan nama saya yang muncul. Tentu, yang bangga anak buah di Kemenkeu," katanya sambil tertawa.

Kendati demikian, ia mengungkapkan, penghargaan itu menjadi beban berat baginya untuk terus menggenjot kinerja anak buahnya agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) membaik. (bir)