IPO, Saham Pemegang Lisensi Planet Sports Melonjak 12 Persen

Dinda Audriene Muthmainah , CNN Indonesia | Kamis, 05/07/2018 09:49 WIB
IPO, Saham Pemegang Lisensi Planet Sports Melonjak 12 Persen Harga saham perusahaan pemegang lisensi Planet Sports, PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) melepas 427,56 juta saham ke publik dengan harga Rp2.100 per saham. (CNN Indonesia/Dinda Audriene Muthmainah).
Jakarta, CNN Indonesia -- Harga saham PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) melonjak 11,9 persen ke level Rp2.350 pada perdagangan perdananya (Initial Public Offering/IPO) hari ini, Kamis (5/7). MAPA merupakan pemegang lisensi beberapa ritel alat olah raga, seperti Planet Sports dan Sports Station.

Sekretaris Perusahaan MAP Aktif Adiperkasa Ratih D Gianda mengatakan perusahaan melepas 427.560.000 saham ke publik dengan harga Rp2.100 per saham.

"Perusahaan secara resmi meluncurkan penawaran umum saham perdana dengan nilai total Rp897,88 miliar," ungkap Ratih, Kamis (5/7).



Ratih menyebut aksi korporasi ini dilakukan untuk meningkatkan struktur modal demi menambah nilai perusahaan. Menurutnya, mayoritas raihan dana IPO ini akan digunakan untuk membayar utang.

"Sekitar 90 persen dari hasil IPO akan digunakan untuk pembayaran obligasi tanpa bunga dan jaminan yang diterbitkan kepada Asia Sportswear Holding Pte. Ltd.," jelasnya.

Sementara, sisanya atau sebesar 10 persen akan dimanfaatkan untuk menutup kebutuhan modal kerja perusahaan. Makanya, ia memastikan dana segar yang masuk ke kas perusahaan akan meningkatkan likuiditas perusahaan.


"IPO ini juga memungkinkan pertumbuhan bisnis untuk terus berkembang," imbuh Ratih.

Ia menambahkan, perusahaan kini juga memegang lisensi Footgear, Golf House, Reebok, Steve Madden, Staccato, Converse, Skechers, Lego, Payless, New Era, dan Kidz Station.

"Perusahaan memiliki lebih dari 900 gerai di 71 kota di Indonesia. Tahun ini, perusahaan berencana untuk membuka sekitar 100 gerai baru," pungkasnya. (agi/bir)