Eksportir Diimbau Alihkan DHE ke Cabang Bank Asing di RI

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Sabtu, 28/07/2018 01:45 WIB
Eksportir Diimbau Alihkan DHE ke Cabang Bank Asing di RI Ilustrasi dolar AS. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah mengimbau eksportir yang menyimpan Devisa Hasil Ekspor (DHE) di bank asing luar negeri untuk mengalihkan simpanannya ke kantor cabang bank asing terkait yang berada di Indonesia.

"Bisa saja alasannya (menyimpan DHE di luar negeri) itu kewajiban dari bank tempat mereka (pengusaha) meminjam, sehingga harus membuka rekening di sana (bank asing). Tetapi, kan itu (simpanan) bisa dipasangkan di cabang bank itu di sini," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jumat (27/7).


Rencana tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat kabinet dengan Presiden Joko Widodo, kemarin. Jokowi ingin eksportir membawa pulang DHE yang selama ini terparkir di luar negeri ke Indonesia.


Hal ini perlu dilakukan untuk memupuk cadangan devisa agar bank sentral lebih leluasa dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah di tengah gejolak eksternal.


Lebih lanjut, menurut Darmin, pemerintah tidak perlu memberikan insentif kepada eksportir untuk membawa pulang DHE.

"Ini bukan masalah insentif, seharusnya ini menjadi bagian kesadaran dari bernegara," ujarnya.

Berdasarkan data pemerintah, DHE yang masuk ke Indonesia baru 85 persennya sedangkan sisanya masih terparkir di luar negeri. (agi/agi)