Isak Sri Mulyani Mengenang Sosok Mar'ie Muhammad

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 22/09/2018 13:59 WIB
Isak Sri Mulyani Mengenang Sosok Mar'ie Muhammad Sri Mulyani mengenang pernah meminta nasehat dari Mantan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad ketika ia ditunjuk menjadi menteri di era SBY. (CNN Indonesia/Dinda Audriene Muthmainah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cerita tentang Mantan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad seperti tak ada habisnya. Sri Mulyani, Menteri Keuangan saat ini menjadi salah satu pejabat yang tak henti mengenang sosok Mar'ie Muhammad dalam hidupnya.

Sambil terisak, Sri Mulyani bercerita jika dirinya sempat meminta nasehat dari Mar'ie Muhammad ketika ia ditunjuk menjadi Menteri Keuangan era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Banyak yang kami lakukan, misalnya melakukan reformasi yang sifatnya sangat fundamental, bahkan kalau bisa dikatakan itu reformasi dan rasio pajak terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)," papar Sri Mulyani, Sabtu (22/9).
Memori tersebut begitu melekat di hati mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini. Tak hanya sebagai mantan Menteri Keuangan era Orde Baru, Mar'ie Muhammad juga cukup dikenang sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) selama dua periode atau 10 tahun.


"Yang saya ingat pak Mar'ie Muhammad beraksi ini adalah pada hari kedua terjadinya tsunami di Aceh," tutur Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan Mar'ie Muhammad begitu berdedikasi dalam menangani korban tsunami kalau itu. Dengan mengenakan kaos putih, Mar'ie Muhammad sudah berada di Aceh ikut dengan rombongan PMI.

"Beliau mengatakan berapa di ruangan gubernur itu di depan gedung, dan kami dari jalan layang kami melihat banyak sekali sosok mayat. Itu saya melihat bagaimana beliau memberi kekuatan dalam menjalan tugas," kenang Sri Mulyani.
Atas dasar itu, ia menilai buku tentang Mar'ie Muhammad berjudul 'Kekuatan Dalam Kemanusiaan: Mar'ie Muhammad, Satu Dekade Memimpin Palang Merah Indonesia' yang baru saja diluncurkan hari ini, sebagai suatu kekutan yang sesuai dengan kepribadian Mar'ie Muhammad itu sendiri.

"PMI dan Pak Mar'ie Muhammad adalah suatu simbol yang saya harap bisa terus diperkuat daya ingat kita untuk terus menjaga persaudaraan dalam kemanusiaan," sambung Sri Mulyani.

Ia menambahkan, Kementerian Keuangan memulai membuat tradisi memunculkan sosok mantan Menteri Keuangan di Indonesia dengan membuat film pendek setiap memperingati hari Oeang. Salah satu mantan Menteri Keuangan yang pertama ia pilih adalah Mar'ie Muhammad.

"Kami berharap kehadiran Pak Mar'ie Muhammad di dunia ini akan selalu dijadikan contoh teladan terutama bagi generasi-generasi yang akan datang," pungkas Sri Mulyani. (aud/stu)