Trump Merasa Yakin Serangan Dagang Tekan China

CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 19:10 WIB
Trump Merasa Yakin Serangan Dagang Tekan China Presiden AS Donald Trump. (REUTERS/Carlo Allegri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump percaya diri perang dagang yang dilakukannya terhadap China sukses dan berdampak besar. Ia percaya diri serangan dagang tersebut telah mampu menekan kuat perekonomian China.

"Dan saya masih punya banyak cara untuk dilakukan agar mereka tertekan. Tapi, saya tak akan melakukannya. Syaratnya mereka harus mau berunding," katanya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (12/10).

Trump melancarkan perang dagang terhadap China dengan memberlakukan tarif atas impor bernilai US$200 miliar asal China. Kebijakan tersebut ia tempuh karena ia menuduh China telah melakukan kecurangan dagang dengan AS.



Kecurangan tersebut membuat neraca dagang AS dengan China selalu defisit. Data Badan Statistik AS menunjukkan sepanjang 2017 kemarin total defisit perdagangan yang harus ditanggung AS terhadap China mencapai US$357,23 miliar, meningkat 8,13 persen dibanding 2016. 

 Trump menyalahkan presiden AS sebelumnya atas defisit neraca dagang tersebut. Menurutnya, presiden AS pendahulunya telah membiarkan China melakukan kecurangan dagang dengan AS.

"Dan  di era saya, ini tidak boleh dibiarkan. Mereka (China) terlalu lama berfikir orang Amerika bodoh. Sori orang Amerika bukan orang bodoh, dan permainan mereka sudah berakhir," katanya.
 

Tetap surplus

Sementara itu berdasarkan data resmi kepabeanan China, perang dagang belum memberikan dampak besar terhadap ekspor China ke AS. Per September kemarin surplus neraca dagang yang dialami China terhadap AS justru melonjak jadi US$34,13 miliar dibandingkan Agustus yang hanya US$31,05 miliar.

Surplus neraca dagang tersebut merupakan yang terbesar jika dibandingkan yang mereka alami pada September-September sebelumnya. Pasalnya September sebelumnya surplus biasanya hanya mencapai US$31,69 miliar. 

(agt/agt)