Jokowi Jajal Trans Jawa dari Surabaya hingga Semarang

CNN Indonesia | Kamis, 20/12/2018 08:41 WIB
Jokowi Jajal Trans Jawa dari Surabaya hingga Semarang Presiden Joko Widodo akan menjajal jalan tol Trans Jawa dari Semarang hingga Surabaya pada Kamis (20/12) pagi. (CNN Indonesia/Artho Viando).
Surabaya, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo akan menjajal jalan tol Trans Jawa dari Semarang hingga Surabaya pada Kamis (20/12) pagi. Hal ini sekaligus menandai beroperasinya lima ruas jalan tol yang kini sudah tersambung dari Merak-Surabaya sebagai bagian dari tol Trans Jawa.

Kelima ruas tersebut meliputi Pemalang - Batang khususnya segmen Simpang Susun Pemalang-Pasekaran sepanjang 39,2 kilometer, Batang-Semarang khususnya segmen Pasekaran Simpang Susun Krapyak sepanjang 75 km, dan Semarang-Solo yakni segmen Salatiga-Kartasura sepanjang 31 km.

Tak hanya itu, jalan tol Ngawi-Kertosono dengan segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 37,9 km dan Gempol-Pasuruan untuk sekai Pasuruan-Grati sepanjang 13,65 km juga akan resmi beroperasi.



Saat menjajal tol Trans Jawa, Jokowi akan ditemani oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dari Surabaya.

Ditemui selepas menyalurkan sertifikat tanah di Kabupten Bangkalan kemarin, Rabu (19/12), jokowi berharap ruas tol trans Jawa ini bisa memperlancar mobilitas barang, masyarakat, dan logistik sehingga seluruh tarif angkutan maupun logistik bisa efisien.

Di samping itu, terintegerasinya tol ini dengan kawasan wisata dan kawasan industri diharapkan bisa meningkatkan investasi di wilayah-wilayah sekitar Trans Jawa.


"Dari situ, kami harapkan bisa membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya dengan investasi," jelas Jokowi, Rabu (19/12).

Setelah ini, ia berharap Merak dan Banyuwangi bisa tersambung akhir tahun depan. "Artinya kami harapkan semua bisa lebih, cepat, murah dan tepat waktu," jelasnya. (glh/lav)