Bank Sentral Eropa Disebut Akan Pertahankan Bunga Acuan

CNN Indonesia | Kamis, 24/01/2019 19:20 WIB
Bank Sentral Eropa Disebut Akan Pertahankan Bunga Acuan Bank sentral Eropa (ECB) disebut akan mempertahankan kebijakan bunga acuannya. Kebijakan ini sejalan dengan perlambatan ekonomi negara-negara Eropa. (REUTERS/Francois Lenoir).
Jakarta, CNN Indonesia -- European Central Bank (ECB) atau bank sentral Eropa disebut akan mempertahankan kebijakan suku bunga acuannya. Kebijakan melonggarkan likuiditas diambil sejalan dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi negara-negara Eropa.

Tengoklah, pertumbuhan tiga negara zona Eropa terbesar, yakni Jerman, Prancis, dan Italia, tercatat stagnan pada pada kuartal keempat tahun lalu.

Mengutip Reuters, Kamis (24/1), Gubernur ECB Mario Draghi memperkirakan perlambatan ekonomi Eropa bahkan bisa terjadi lebih lama dari yang diharapkan.


ECB sendiri baru akan memutuskan arah kebijakan suku bunga acuannya pada malam nanti.

Sementara itu, Deustche Bank melihat perlambatan pertumbuhan ekonomi Eropa tidak menunjukkan tanda-tanda akan segera menghilang. Hal itu tercermin dari manufaktur yang berkontraksi jelang penutupan tahun 2018 lalu, termasuk perlambatan kegiatan ekspor.

Tak hanya itu, pertumbuhan lapangan kerja pun melambat. "Semua ini menunjukkan zona Eropa saat ini tumbuh di bawah tren," tulis bank investasi tersebut.


Pun demikian, tak tertutup kemungkinan bahwa kelemahan-kelemahan tersebut di atas hanya bersifat sementara, mengingat investor tengah menanti keputusan jelang keluarnya Inggris dari persekutuan Uni Eropa (brexit), termasuk protes terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Yang pasti, lemahnya permintaan global dan perjuangan China terhadap perekonomian mereka kemungkinan akan memperburuk perlambatan ekonomi Eropa.


(Reuters/bir)