Jokowi Minta AP II Perbaiki Lalu Lintas di Bandara Soetta

CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 09:18 WIB
Jokowi Minta AP II Perbaiki Lalu Lintas di Bandara Soetta Jokowi memerintahkan Angkasa Pura II memperbaiki pengaturan lalu lintas Bandara Soetta. (Setpres/Cahyo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan PT Angkasa Pura II untuk memperhatikan dan memperbaiki pengaturan manajemen take off dan landing di Bandara Soekarno- Hatta. Perintah ia keluarkan setelah pengoperasian landasan pacu (runway) 3 dan east connection taxiway

Sebagai informasi, Jokowi meresmikan landasan pacu (runway) 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (23/1). Selain runway 3, Jokowi juga meresmikan east connection taxiway hingga Gedung VIP Bandara Soetta.

"Ini setelah Terminal 3 selesai, kemudian runway 3 juga selesai, kemudian east connection taxiway selesai, ditambah fasilitas VIP bandara juga selesai, kami harapkan semua layanan menjadi lebih baik," kata Jokowi di lokasi peresmian, Kamis (23/1) kemarin.


Menurutnya, kapasitas Bandara Soetta semakin bertambah setelah memiliki tiga landasan pacu. Mantan gubernur DKI Jakarta itu sedikit bercerita bahwa pembangunan connection taxiway sempat tersendat selama 35 tahun. Ia menyebut pembangunan west connection taxiway sudah rampung dibangun sejak 1985.

Namun, kata Jokowi, east connection taxiway tak langsung dibangun sejak saat itu. Setelah berlalu puluhan tahun, kini east connection taxiway sudah bisa digunakan untuk lewat pesawat.

"Harusnya kalau west-nya sudah dibangun, east-nya juga dibangun sehingga tidak muter. Semuanya menunggu pesawat muter. Semoga setelah ini kami akan melihat kapasitas bandara ini akan lebih meningkat lagi," tuturnya.

Bangun Terminal 4

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga meminta agar PT AP II segera membangun Terminal 4 Bandara Soetta. Ia tak ingin pembangunan Terminal 4 menunggu sampai kapasitas penumpang di Bandara Soetta penuh terlebih dahulu.

[Gambas:Video CNN]
"Sebelum penuh itu harus disiapkan dulu sehingga masyarakat, rakyat terlayani oleh Bandara Soekarno-Hatta ini," tuturnya.

Jokowi menyebut Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin sudah menyampaikan desain bangunan Terminal 4 Bandara Soetta segera diselesaikan dan pembangunan bisa dimulai.

"Diharapkan 2022 atau paling lambat awal 2023 udah kami punya terminal yang ke-4," ujar Jokowi. (fra/agt)