Kesehatan Gigi dan Mulut

Agar Sehat, Sikatlah Gigi Minimal Tiga Menit

Donatus Fernanda Putra, CNN Indonesia | Rabu, 10/12/2014 08:10 WIB
Gigi putih berkilau dan sehat tidak didapat begitu saja, salah satunya dengan menyikat gigi. Bagaimana aturan menyikat gigi yang benar? Ilustrasi sikat gigi (Thegreenj)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gigi putih berkilau dan sehat tidak didapat begitu saja. Diperlukan perawatan yang teratur dan cara menggosok gigi yang benar agar gigi tetap terjaga kesehatannya.

Disampaikan oleh Aida Hermansyur, ahli konservasi gigi dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), ada dua mekanisme untuk menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi, yakni secara mekanis dan kimia. Mekanis berarti cara menyikat gigi, sedangkan kimia berarti bahan kimia yang dipakai untuk membersihkan gigi, dalam hal ini adalah pasta gigi.

Aida mengatakan menyikat gigi yang sempurna dilakukan minimal selama tiga menit. Sikatnyapun harus dipilih yang memiliki bulu sikat lembut.


"Bulu sikat yang terlalu keras bisa menyebabkan abrasi pada permukaan gigi," kata Aida saat ditemui di RSPI, seperti ditulis pada Rabu (9/12).

Sedangkan untuk pasta gigi sendiri harus dipilih yang mengandung fluoride. Aida menyampaikan tidak ada pasta gigi yang paling baik di pasaran, karena semua pasta gigi kini telah mengandung fluoride. Hal yang perlu ditekankan adalah berapa lama waktu menyikat gigi itu.

"Pasta gigi bisa apa saja, yang penting lama menyikat gigi itu minimal tiga menit," katanya.

Senada dengan hal tersebut, dokter gigi Rina Permatasari juga menekankan perlunya menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur. Saat tidur mulut berhenti beraktivitas dan berhenti memproduksi ludah. Padahal ludah diperlukan untuk melindungi gigi dari asam yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

"Gigi tidak akan rusak kalau kena bom, tapi asam bisa menyebabkan kerusakan pada gigi," ujar Rina.

Ia juga menghimbau untuk menghindari konsumsi makanan manis sebelum tidur. Zat gula dalam makanan manis juga berpotensi merusak gigi, apalagi bila orang kemudian lupa menggosok gigi setelahnya.

Bila gigi tidak dibersihkan teratur, sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dapat menyebabkan gigi berlubang dan bisa berakibat terjadinya radang pada gusi.