Gerakan Yoga Sederhana untuk Kurangi Lemak di Punggung

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Rabu, 18/02/2015 06:28 WIB
Gerakan Yoga Sederhana untuk Kurangi Lemak di Punggung Ilustrasi yoga (Thinkstock/Denis Raev)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menyingkirkan lemak di bagian punggung adalah salah satu target kebugaran yang paling sulit dicapai. Tidak ada jalan pintas atau solusi ajaib untuk mengurangi lemak pada punggung Anda. Jika Anda bertujuan untuk mengurangi persentase lemak tubuh secara keseluruhan, Anda harus melakukan latihan kardio.

Setelah Anda mulai mengurangi persentase lemak tubuh, barulah dapat mengurangi lemak di punggung dan memperkuat otot-ototnya. Beberapa gerakan yoga ternyata bisa membantu Anda menyingkirkan lemak dan mengencangkan otot di punggung.

Berikut adalah tiga pose yoga dasar yang secara khusus dapat menyingkirkan lemak di punggung, seperti dilansir dari Health Me Up.

Bow Pose (Dhanurasana)
Pose ini efektif mengurangi lemak di punggung dan meredakan nyeri sendi.

1. Ambil posisi tengkurap dengan bagian perut menekan pada lantai. Tekuk lutut Anda dan raih pergelangan kaki dengan menggunakan tangan.

2. Setelah pergelangan kaki dapat dipegang dengan baik, rapatkanlah posisi jari-jari kaki Anda. Tarik napas dalam-dalam sambil mengangkat kaki dan paha setinggi yang Anda bisa. Jadikan perut Anda sebagai tumpuan.


3. Tahan pose ini selama lima tarikan napas dalam-dalam.

Side Pose Fierce
Pose ini akan bekerja pada bagian bokong, paha depan, dan punggung atas.

1. Berdiri tegak. Tarik napas dalam-dalam sambil menekuk lutut dan menurunkan pinggul sambil mengangkat tangan sampai ke atas kepala Anda.

2. Buang napas dan turunkan siku kanan Anda sampai ke lutut sebelah kiri, menyilang. Badan Anda harus mengikuti gerakan tangan seolah seperti sedikit memutar. Tarik pinggul kanan sedikit, pastikan lutut Anda sejajar satu sama lain.

3. Tahan pose selama lima napas dalam-dalam, kemudian tarik napas saat mengangkat tubuh Anda, kembali ke posisi awal. Lakukan hal yang sama dengan menyilangkan siku kiri ke lutut kanan.

Wheel pose (Chakraasana)
Pose ini mengurangi lemak yang menumpuk di punggung. Selain itu, pose ini juga berguna untuk bagian atas tubuh dan perut.

1. Berbaring telentang, kemudian tekuk kedua lutut.

2. Tekuk siku Anda, taruh di bagian samping, sejajar dengan kepala Anda dengan telapak tangan menekan pada lantai dan ujung jari menghadap ke kaki.

3. Tarik napas, tekan telapak tangan Anda, kemudian angkat kepala, bahu dan pinggul dari tanah, dan tahan pose selama lima napas dalam-dalam. Pose ini lebih dikenal dengan pose kayang.


(mer/mer)