Cara Darah Bekerja di Dalam Tubuh dan Manfaatnya

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Senin, 16/03/2015 10:34 WIB
Secara biologis, fungsi utama darah adalah memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan dan organ tubuh. Tapi, tahukah Anda beberapa fakta lainnya? Ilustrasi (
Jakarta, CNN Indonesia -- Secara biologis, fungsi utama darah adalah memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan dan organ tubuh, mengedarkan sari-sari makanan, mengangkut hormon, mengatur pH tubuh dan suhu tubuh. 

Tapi, tahukah Anda beberapa fakta lainnya tentang cairan berwarna merah yang mengalir di dalam tubuh Anda itu? Mulai dari caranya bekerja hingga manfaatnya untuk sesama manusia. Berikut tujuh fakta tentang darah, dilansir dari Health Me Up. 

1. Satu liter darah yang disumbangkan dapat menyelamatkan tiga nyawa


Darah sebanyak 450 mililiter ternyata dapat menyelamatkan beberapa orang jika darah dipisahkan menjadi komponen dasar, yaitu sel darah merah, trombosit dan plasma. Komponen-komponen ini dapat digunakan secara individual untuk mengobati orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

2. Empat jenis golongan darah utama adalah A, B, AB dan O

Masing-masing golongan darah ini bisa memiliki Rhesus (Rh) positif atau negatif. Golongan darah AB dapat menerima sumbangan sel darah merah dari golongan darah apapun, sementara golongan darah O dengan Rhesus negatif bisa mendonorkan darahnya ke siapa saja. 

3. Butuh 1,2 juta nyamuk untuk menghabiskan darah dalam tubuh manusia

Volume darah pada tubuh manusia, diperkirakan mencapai 7 persen dari berat badan. Rata-rata tubuh orang dewasa dengan berat 65-80 kilogram memiliki sekitar 4,7-5,5 liter darah. 20 ekor nyamuk yang hinggap bersamaan dalam tubuh Anda pun tak mampu menghabiskan seluruh darah. 

4. Pembuluh darah orang dewasa panjangnya mencapai 160 ribu kilometer

Ada tiga jenis pembuluh darah: arteri, vena, dan kapiler. Proses sirkulasi darah melibatkan pembuluh darah arteri yang membawa darah dari jantung. Sementara itu pembuluh darah kapiler menghubungkan pembuluh darah arteri dan vena. 

5. Jantung memompa rata-rata hampir 1,5 juta barel darah seumur hidup

Jumlah ini ternyata sanggup untuk mengisi 200 mobil tangki kereta. Jantung memompa sekitar 55-80 mililiter darah setiap denyutnya. Jantung orang dewasa memompa sekitar 6 ribu sampai 7500 liter darah setiap hari. Rata-rata tubuh orang dewasa mengandung sekitar lima liter darah yang terus beredar ke seluruh tubuh.

6. Dibutuhkan hanya 30 detik untuk sel darah merah beredar dalam tubuh Anda

Dalam waktu empat bulan, sel-sel darah merah membuat 250 ribu perjalanan mengitari tubuh manusia.

7. Plasma darah mengandung 90 persen air dan menyumbang 55 persen dari volume darah

Plasma darah merupakan campuran cairan berwarna kuning pucat yang terdiri dari air, protein dan garam. Plasma golongan darah AB-positif dapat diberikan untuk pasien dengan semua golongan darah. Hal inilah yang menyebabkan plasma golongan darah AB jarang bisa distok. Plasma dapat disimpan dalam keadaan beku dan dapat ditransfusikan sampai satu tahun setelah dikumpulkan. 

(mer/mer)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK