Tanda Asap Dapur Sudah Meracuni Udara Rumah Anda

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Jumat, 08/05/2015 12:03 WIB
Tanda Asap Dapur Sudah Meracuni Udara Rumah Anda Ilustrasi (Stocksnap/Pawel Kadysz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ternyata tak hanya asap rokok yang bisa membahayakan kesehatan. Asap beraroma harum dari setiap masakan yang Anda masak pun ternyata bisa memicu masalah kesehatan yang cukup serius.

Dokter Lula Kamal mengatakan asap dapur bisa mengganggu kesehatan kulit sampai kesehatan paru. "Yang biasanya direpotkan adalah jerawat. Muka biang keringat semua. Sering sekali bermasalah jamur," kata Lula saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta.

Dalam kondisi yang lebih parah, asap dapur dalam mengganggu sistem pernapasan, seperti iritasi pernapasan, dan dalam keadaan yang parah bisa memicu kanker paru, kanker nasofaring, dan radang paru.


"Berbahayanya sama dengan asap rokok karena bisa memicu kanker," ujar Lula. Hal ini bisa terjadi lantaran efek asap sebagai oksidan yang bisa memutasi sel.

Ada beberapa gejala yang bisa diindikasikan sebagai tanda bahwa udara di rumah Anda sudah tercemar asap dapur. Jika kondisi ini terjadi, Anda perlu waspada.

Sebaiknya gunakan penghisap asap di dapur atau buat ventilasi yang lebih besar, sehingga asap tak terperangkap di dalam rumah dan meracuni Anda dan keluarga.

1. Salah satu tanda Anda sudah tercemar polusi asap dapur adalah adanya noda di wajah. Seperti jerawat atau bahkan biang keringat.

2. Asap dapur yang sudah berlebihan bisa ditandai dengan adanya masalah pernapasan. Biasanya Anda akan batuk-batuk saat memasak karena asap mengepul di sekeliling Anda akibat sirkulasi ruangan kurang baik.

3. Aroma masakan Anda tercium di segala penjuru rumah. Aroma ini pun akan bertahan dalam beberapa waktu sampai nantinya benar-benar menghilang.

4. Banyaknya serangga di dapur juga bisa menjadi tanda kalau dapur Anda sudah tercemar polusi asap. Hal ini akan membuat Anda lebih banyak menyemprotkan cairan anti serangga.

5. Dapur yang kotor dan banyak kerak juga bisa mengindikasikan banyaknya asap yang bersarang di dapur Anda. Dapur akan cepat kotor dan sulit dibersihkan.



(mer/mer)