Waspada Penyakit-penyakit yang Rentan Menyerang Selama Mudik

Merry Wahyuningsih, CNN Indonesia | Senin, 13/07/2015 10:01 WIB
Sejumlah pemudik antre memasukkan kendaraan bermotor ke KRI Surabaya ketika mudik gratis jalur laut di Terminal Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu, 11 Juli 2015. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia ketika Hari Raya Idul Fitri tiba. Tak peduli harus menempuh jarak beratus-ratus kilometer, orang rela pulang kampung demi bisa berkumpul bersama keluarga besar.

Namun, kurangnya persiapan fisik dan mental bisa membuat pemudik rentan diserang berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, perjalanan mudik harus dipersiapkan dengan baik agar saat di tempat tujuan Anda tetap dalam keadaan sehat.

Menurut Ari Fahrial Syam, staf pengajar di Departemen Ilmu penyakit Dalam FKUI-RSCM, ada tiga kelompok penyakit yang rentan menyerang selama mudik: penyakit kronik yang kambuh, penyakit akibat kelelahan, serta penyakit akibat kecelakaan.


“Berbagai penyakit kronik umumnya cenderung akan mengalami kekambuhan saat mudik,” kata Ari dalam keterangan tertulis yang diterima CNN Indonesia.

Dijelaskan Ari, kondisi lelah dan waktu yang tidak jelas untuk sampai di tempat tujuan, apalagi disertai kondisi stres selama perjalanan, akan menyebabkan kambuhnya penyakit kronik, seperti hipertensi, diabetes, penderita mag, asma, dan penyakit kronik lainnya.

“Belum lagi cuaca yang tidak menentu, kadang hujan kadang panas, juga merupakan faktor yang bisa memperburuk keadaan,” katanya.

Selain penyakit kronik, kelelahan selama di perjalanan juga bisa menurunkan daya tahan tubuh. Ditambah lagi, saat berbuka puasa serta sahur selama dalam perjalanan, pemudik cenderung mengonsumsi makanan yang tidak cukup dan seadanya saja. Sebagian besar pemudik bahkan hanya mengonsumsi makanan dan minuman yang didapat selama perjalanan atau dibawa selama perjalanan, sehingga penyakit infeksi akut, seperti flu, diare, dan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) mudah terjadi.

“Kelompok penyakit ketiga adalah akibat kecelakaan. Kecelakaan masih penyebab kematian utama bagi para pemudik,” kata dokter yang juga Ketua PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia) Jaya Jakarta.

Mengantuk dan ingin cepat sampai ke kampung halaman merupakan faktor utama yang menyebabkan pengendara tidak waspada, sehingga kecelakaan tidak dapat dihindarkan. Selain kecelakaan lalu lintas, para pemudik juga bisa mengalami kecelakaan karena lengah, misalnya terjatuh, terbentur oleh pemudik lain yang juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan.


Tips Agar Terhindari dari Penyakit Selama Mudik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2