Langkah-langkah Mudah Membuat Sushi Gulung di Rumah

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Kamis, 27/08/2015 14:29 WIB
Sushi (Thinkstock/5ugarless)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sushi merupakan salah satu makanan tradisional Jepang yang banyak disukai. Selain di Jepang, sushi juga banyak ditemui di belahan negara lain. Bentuknya yang cantik dan kandungannya yang  sehat membuat banyak orang tergila-gila dengan makanan ini. Sayang, masih banyak orang yang belum tahu proses pembuatannya yang cukup rumit.

"Sushi memang terlihat mudah, tapi tahapnya ada banyak dan harus teliti," ujar koki spesialis makanan Jepang dari Hotel Pullman, Shuichi Osawa, kepada CNN Indonesia, sesaat setelah melakukan demo masak di Jakarta.

Dalam acara tersebut, Osawa mengungkapkan bahwa komponen utama dalam pembuatan sushi adalah nasi. "Yang paling penting adalah nasinya harus lengket. Biasanya pakai beras Jepang, tapi pakai beras Indonesia juga bisa asal dikasih cuka," katanya.


Ketika menyantap sushi, sebenarnya nasinya sendiri sudah memiliki rasa khas. Rahasianya terdapat pada tahap awal pengadukan nasi.

"Agar ada rasanya, nasi diberi campuran cuka. Satu kilo beras, biasanya dicampur 29 ml cuka," ucap Osawa.

Nasi tersebut dimasukkan ke dalam mangkuk sebelum akhirnya ditambahkan cuka dan diaduk. "Cara aduknya, gunakan sendok kemudian buat gerakan seperti memotong-motong nasi dengan pisau. Kalau ada yang menggumpal, pisahkan. Pastikan nasi dalam keadaan hangat."

Setelah tercampur, padatkan nasi ke bagian pinggir mangkuk. Pada tahap ini, nasi dapat dibiarkan dingin begitu saja atau dengan bantuan kipas.

Setelah nasi siap, sushi dengan beragam isian bisa segera dibuat. Berikut caranya membuat sushi. (chs/utw)
1 dari 7