Wiski Berumur 121 Tahun Ditemukan di Skotlandia

Fadli Adzani, CNN Indonesia | Selasa, 01/09/2015 10:40 WIB
Wiski Berumur 121 Tahun Ditemukan di Skotlandia Wiski berumur 121 tahun yang ditemukan di Skotlandia (Dok. SWNS/Highland Folk Museum)
Jakarta, CNN Indonesia -- Semakin lama, semakin sedap rasanya. Ya, itulah filosofi dari minuman beralkohol wiski.

Di Skotlandia, telah ditemukan kapsul waktu berisikan sebuah botol wiski yang dipercaya telah berumur 121 tahun.

Selain wiski, kapsul waktu yang ditemukan di jembatan Ruthven Road oleh pekerja bangunan tersebut, diyakini berisikan barang-barang lain yang berasal dari tahun 1890-an, yakni sebuah koran dari tahun 1894 dan sebuah gulungan kertas kuno.


Pasca ditemukannya minuman yang dapat membuat muka Anda merah tersebut, para pekerja bangunan dan infrastruktur perusahaan Morgan Sindall mendonasikan kapsul waktu itu beserta isinya, termasuk botol wiski, kepada Museum Highland Folk, di mana barang tersebut akan diinvestigasi dan dijaga.

Museum Highland Folk memang mengoleksi artefak yang menggambarkan kehidupan warga Skotlandia. Tidak heran jika kemudian museum itu memutuskan untuk menerima botol wiski berumur 121 tahun tersebut, karena warga Skotlandia sendiri hobi meminumnya.

"Sangat menarik untuk berpikir bahwa barang ini telah berada di struktur jembatan Ruthven Road selama 121 tahun,” kata Robert Ogg, dari perusahaan Morgan Sindall, kepada BBC.

"Perubahan yang terjadi pada jembatan itu sejak pertama kali dibangun sangat luar biasa. Dahulu, jembatan ini dipakai untuk kuda, hal itu menggambarkan begitu lamanya waktu sudah berjalan.”

Ini bukanlah yang pertama kali botol alkohol kuno ditemukan. Sebelumnya, sebuah botol bir yang belum dibuka ditemukan di sebuah garasi di desa Gobowen, Inggris. Disinyalir, bir itu disiapkan untuk ekspedisi Kutub 140 tahun yang lalu, yang kemudian dijual dengan harga 600 poundsterling atau setara Rp 12,9 juta dalam sebuah pelelangan.




(mer)