Hal-hal Tak Terduga Pencetus Tekanan Darah Tinggi

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 19/05/2016 06:48 WIB
Hal-hal Tak Terduga Pencetus Tekanan Darah Tinggi ilustrasi (Thinkstock/Andrei Tsalko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apa yang sebenarnya jadi penyebab tekanan darah tinggi? Mungkin yang langsung terlintas di benak Anda adalah makan terlalu banyak garam, stres, dan minum alkohol terlalu banyak.

Alasan ini tidaklah salah. Tapi yang jadi masalah hal ini bukanlah penyebab utama mengapa hal ini bisa terjadi.

"Data menunjukkan bahwa hipertensi sangat sulit dihindari seiring dengan bertambahnya usia," kata Clyde Yancy, MD, kepala kardiologi dan asosiasi direktur dari Bluhm Cardiovascular Institute di Chicago, Illinois.


"Ketika sudah berusia 55 tahun, kita punya kemungkinan 90 persen untuk mengalami hipertensi."

Gaya hidup Anda ternyata juga berpotensi menyebabkan peningkatan tekanan darah seseorang. Mengutip Grandparents, berikut beberapa penyebab tak terduga yang ternyata menyebabkan Anda menderita darah tinggi.

1. BPA
Studi yang dimuat dalam jurnal Hypertension mengungkapkan bahwa bahan kimia BPA yang ditemukan dalam beberapa kaleng dan plastik ternyata bisa meningkatkan tekanan darah seseorang.

Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa paparan BPA akan menyebabkan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

2. Gula
Bukan cuma garam yang harus diperangi kalau Anda adalah penderita darah tinggi. Terlalu banyak konsumsi gula juga bisa berbahaya untuk tekanan darah. Faktanya, konsumsi gula terlalu banyak akan lebih berbahaya dibanding garam.

Penelitian juga menyebutkan bahwa penderita tekanan darah tinggi juga harus membatasi konsumsi gula. Yang disalahkan adalah fruktosa di dalamnya. Karena ketika gula ditambahkan dalam makanan dan minuman yang diproses maka akan menyebabkan masalah hipertensi.

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan perempuan untuk mengonsumsi gula tak lebih dari enam sendok teh (100 kalori) per hari. Sedangkan pria tak lebih dari sembilan sendok teh per hari (150 kalori).

3. Sulit tidur
Hal ini adalah salah satu masalah tak terduga yang menyebabkan ngorok, badan lemas, dan tekanan darah tinggi.

National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa ketika pernapasan terganggu maka aliran oksigen mulai turun. Otak akan mengirimkan sinyal ke sistem saraf untuk meningkatkan aliran oksigen ke otak dan jantung. Hal ini akan mengetatkan pembuluh darah Anda.

Susah tidur juga akan mengurangi kualitas tidur. Hal ini akan membuat ootak melepaskan hormon stres. Akibatnya, detak jantung akan meningkat dan risiko tekanan darah akan semakin tinggi.

4. Kesepian
Menghabiskan waktu dengan teman diketahui akan membuat kesehatan Anda semakin baik. Namun sebaliknya, kesepian tak cuma membuat Anda tak percaya diri, tapi juga mengganggu kebahagiaan dan meningkatkan level stres.

Dalam studi lima tahunan di University of Chicago menunjukkan adanya korelasi antara kesepian dan tekanan darah tinggi. Khususnya di antara orang yang berusia 50 tahun ke atas.

"Ketika Anda berada dalam satu lingkungan dengan teman dekat, Anda akan mendapatkan dukungan sosial yang membuat Anda merasa jadi lebih santai," kata profesor psychiatry di NYU School of Medicine, Irene S. Levine, Ph.D.

5. Hot Tub dan Sauna
Sekilas sauna dan hot tub akan terasa sangat menyegarkan. Apalagi saat Anda merasa kedinginan dan tubuh terasa sakit. Namun hati-hati ketika Anda punya tekanan darah tinggi.

Aliran udara panas dari sauna dan hot tub ini akan membuka pembuluh darah. Jika Anda ingin menggunakan hot tub ada baiknya untuk mengatur temperatur sampai 32 derajat Celcius.

(chs/chs)