logo CNN Indonesia

Laporan dari London

Pisang Goreng Idaman dan Bakso Bernilai Jutaan

, CNN Indonesia
Pisang Goreng Idaman dan Bakso Bernilai Jutaan
London, CNN Indonesia -- Banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk memiliki sesuatu yang diinginkan, tidak hanya untuk pakaian atau kendaraan, tapi juga untuk makanan.

Di kota—kota besar dunia, seperti London, tempat makan mewah sangat mudah dicari. Tapi makanan dengan rasa semewah makanan Indonesia, hanya bisa ditemukan selama dua hari dalam acara Indonesian Weekend yang digelar di Potters Field Park, London, pada Sabtu (28/5) dan Minggu (29/5). 

Pameran budaya, kuliner dan wisata Indonesia yang digelar selama dua hari tersebut digagas oleh Komunitas Bangga Indonesia dan sejumlah kementerian di Tanah Air.

Seakan mengetahui sulitnya menikmati makanan eksotis dari Indonesia, ratusan warga London memadati Potters Field Park selama dua hari penyelenggaraan. 
Bakso jadi salah satu makanan favorit pengunjung Indonesian Weekend di Potters Field Park, London, Inggris. Selama dua hari pameran, antriannya terus mengular. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Terlihat kios Warung Windsor, Bakso Bola-Bola dan Cafe Java dikerumuni oleh antrian pengunjung taman yang berada di sebelah Sungai Thames ini.

Salah satu warga London yang mengantri di depan Cafe Java, Arnaud, mengaku tertarik dengan cemilan Pisang Goreng dan minuman Es Cendol. 

“Jika kedua menu ini dijual di London, mungkin saya akan sering mengonsumsinya, menggantikan pizza dan soda,” kata Arnaud.

Sebagian besar menu makanan di kios-kios Indonesian Weekend dijual seharga GBP1 sampai GBP5 (Rp20 ribu - Rp100 ribu), harga yang cukup terjangkau bagi Arnaud dan warga London lainnya.

Namun, jika dirupiahkan, harga tersebut cukup mahal. Satu porsi Pisang Goreng berisi tiga potong dijual seharga GBP3,5 (Rp69 ribu) sedangkan Es Cendol dijual seharga GBP3 (Rp59 ribu).

Menyambangi kios Bakso Bola-Bola, salah satu karyawannya mengatakan kalau sudah lebih dari 100 porsi menu yang telah mereka jual pada hari pertama. Jumlah tersebut terus bertambah pada hari kedua ini. 

Tidak hanya Arnaud yang rela mengeluarkan uang untuk membeli makanan di Indonesian Weekend. 

Warga Indonesia yang berada di sana juga ikhlas merogoh kocek demi menuntaskan kerinduan dengan menu yang biasa dijual oleh pedagang kaki lima ini. Salah satunya ialah Gani, model cantik asal Indonesia, pemenang kompetisi Asian’s Next Top Model 2015.

Saat ini Gani sedang menetap di London untuk mengembangkan kariernya di panggung fesyen internasional.

“Saya kangen banget sama siomay, bakso, sate. Saat tahu ada acara ini, saya langsung menyempatkan datang, tidak peduli dengan jadwal diet,” kata Gani.

‘Diplomasi kuliner’ di Indonesian Weekend bisa dibilang sangat sukses. Semoga saja setelah mencicipi rasa, warga London dapat menyempatkan diri untuk datang berwisata.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Indonesia Sapa Britania
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video