Bahaya Di Balik Tantangan Menghirup Kayu Manis

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Sabtu, 25/06/2016 12:39 WIB
Selama dua tahun terakhir, 'cinnamon challenge' atau tantangan menghirup satu sendok bubuk kayu manis viral di internet, terutama YouTube. Kayu manis bisa berbahaya bagi kesehatan jika terhirup dan mengendap di paru-paru. (stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam lima tahun terakhir, ragam tantangan melakukan hal ekstrim kerap menjadi hal menarik bagi netizen. Sebut saja, 'ice bucket challenge', 'don't judge challenge', juga 'cinnamon challenge'.

Selama dua tahun terakhir, ‘cinnamon challenge' atau tantangan menghirup satu sendok bubuk kayu manis telah menjadi viral di internet dan bahkan mendominasi unggahan YouTube.

Pada dasarnya, konten video memiliki isi yang kurang lebih sama, yaitu aksi menghirup sesendok kayu manis yang kemudian membuat batuk dan tersedak. Alasannya karena rasa bubuk kayu manis yang tajam dan tidak biasa di lidah. Umumnya, pelaku tantangan mengakhiri tayangan dengan meminum air.


Baru-baru ini, ditemukan bahwa hal tersebut ternyata berbahaya.

Pertama, ialah perkara mengenai kayu manis itu sendiri, yang mana diketahui itu merupakan bubuk kulit pohon atau selulosa. Jika terhirup, bubuk yang sangat halus itu dapat memicu refleks muntah, menyebabkan rasa panas dan peradangan pada saluran udara dan paru-paru. Selain itu, berpotensi menyebabkan kerusakan jangka panjang pada paru-paru karena selulosa yang tidak hancur, atau menetap dalam paru-paru.

Bubuk ini pun biasanya dilapisi dengan minyak kayu manis yang merupakan zat kaustik dan dapat menyebabkan peradangan kronis pada paru-paru. Parahnya secara permanen ini mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bernafas normal.

Dilansir dari Daily Meal, jika Anda menghirup seluruh bubuk pada sendok, bukan tak mungkin ini akan menjadi masalah besar. Tahun lalu, seorang anak berumur 4 tahun ikut mencoba hal ini dan malangnya karena telah menghirup bubuk kayu manis tersebut, ia tersedak hingga akhirnya meninggal.

Itulah sebabnya, meskipun dianggap tantangan yang menyenangkan, kini banyak juga unggahan yang menerangkan bahaya kesehatan di balik 'cinnamon challenge'.

[Gambas:Youtube]

(les)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK