Bakal Ada Panggung 360 Derajat di Pantai Prigi

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Jumat, 16/12/2016 14:06 WIB
Bakal Ada Panggung 360 Derajat di Pantai Prigi Suasana di Pantai Prigi. (Thinkstock/Daniel Ferryanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur berencana membangun wahana panggung terbuka dengan konsep 360 derajat di bibir Pantai Prigi, sebagai ikon objek wisata bahari kawasan tersebut.

Dari wahana panggung 360 derajat, wisatawan dapat melihat pemandangan sekitar pantai secara keseluruhan.

"Rancangannya sudah disiapkan. Kami berharap wahana ini bisa menjadi ikon baru wisata bahari di bumi Menak Sopal (julukan Kabupaten Trenggalek)," kata Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak di Trenggalek pada Kamis (15/12), seperti yang dikutip dari Antara.


“Di wahana ini, wisatawan yang gemar berfoto juga bisa mengabadikan berbagai momen menarik,” lanjutnya.

Tak hanya wahana panggung 360 derajat, Pemkab Trenggalek juga tengah mempersiapkan sejumlah gazebo serta taman hias, untuk mempercantik kawasan Pantai Prigi.

Sejak awal mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek, Emil dan wakilnya, Mochammad Nur Arifin, berulang kali mengkampanyekan pembangunan kawasan pesisir, terutama di seputar Pantai Prigi, dengan menjadikannya Kota Bahari di Kabupaten Trenggalek.

Saat ini, jumlah kunjungan wisata di Pantai Prigi memang masih kalah jauh dibandingkan di Pantai Pasir Putih atau Pantai Cengkrong yang berada di dekatnya.

"Kami sangat ingin menghidupkan kembali nuansa berwisata di Pantai Prigi, yang pernah menjadi destinasi wisata utama di kawasan pesisir Watulimo,” ujar Emil.

Tak sulit menjangkau Pantai Prigi. Setelah mendarat di Bandara Juanda, Surabaya, wisatawan bisa langsung melakukan perjalanan darat dari Kota Trenggalek sepanjang 65 km menuju pantai ini.

Jangan khawatir, jalanan menuju pantai ini sudah beraspal mulus.

Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp10.000, wisatawan bisa langsung berenang atau sekedar berjemur. 

Medan pantai ini hampir sama dengan pantai yang ada di Gili Trawangan, Lombok. Perairannya tenang dengan latar belakang perbukitan yang indah.

Setiap tahunnya, diselenggarakan ritual Larung Sembonyo di sini, sebagai tanda syukur masyarakat setempat atas berkah hasil laut yang melimpah.

Wisata kuliner di Pantai Prigi pun menarik untuk dicoba. Hasil laut yang baru ditangkap nelayan bisa langsung dinikmati dengan beragam olahan yang menarik.

(ard)