Tips Menghadapi Penundaan Penerbangan di Bandara

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Rabu, 12/04/2017 14:28 WIB
Tips Menghadapi Penundaan Penerbangan di Bandara Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mengalami penundaan penerbangan bukanlah akhir dunia. Jika tahu cara menyiasatinya, maka tertahan di bandara tak lagi menjadi hal yang menyebalkan.

Dikutip dari Escape, berikut ini ialah beberapa cara untuk menghabiskan waktu selama berada di sana:


1. Penerbangan pagi


Penerbangan pagi merupakan penerbangan yang paling jarang tertunda, karena biasanya pesawat telah bermalam di bandara dan cuaca lebih cerah.

Pilih penerbangan paling pagi jika Anda baru akan berangkat untuk berlibur atau berbisnis, karena hal itu akan mengurangi level stres dan juga memperpanjang waktu selama berada di sana.

2. Informasi

Pastikan Anda terhubung dengan pusat informasi maskapai yang ditumpangi. Kalau mereka menyediakan layanan pengumuman penerbangan melalui pesan pendek, telepon atau notifikasi aplikasi telepon genggam, maka daftarkan diri Anda.

Jangan datang terlalu mepet dengan waktu penerbangan, karena penumpang yang check-in lebih awal biasanya lebih diutamakan saat terjadi penundaan penerbangan.


3. Ramah

Banyak yang panik saat mengalami penundaan penerbangan. Kepanikan tersebut biasanya berujung dengan emosi yang tak terkontrol.

Ketahuilah, bahwa selain Anda, staf bandara juga sama lelahnya berada di bandara.

Jadi, jangan lupa untuk terus bersikap ramah kepada mereka, terutama saat Anda berada di bandara kawasan Asia atau Timur Tengah. Keramahan akan sangat membantu saat Anda membutuhkan bantuan mereka.

4. Fasilitas

Setiap bandara memiliki fasilitas untuk memanjakan penumpang maskapai, terutama yang mengalami penundaan penerbangan.

Di Bandara Changi Singapura, penumpang bisa berjalan-jalan di taman, berenang di kolam atas atap, sampai menonton film di bioskop.

Sejumlah bandara juga memiliki area lounge yang menyediakan santapan, akses internet dan listrik selama 24 jam. Kalau ingin merebahkan badan lebih nyaman namun malas menyewa kamar hotel, lounge bisa dijadikan pilihan.


5. Mengepak

Bawa barang bawaan yang memang hanya Anda gunakan saat berada di terminal bandara atau kabin pesawat, sehingga Anda tak perlu kerepotan membawa banyak barang saat penerbangan tertunda.

Pengisi daya baterai alat elektronik dan alat mandi menjadi dua barang yang wajib dibawa, selain uang tunai dan buku bacaan.

6. Berteman

Di bandara, ada banyak orang dari berbagai negara yang bisa dijumpai. Jika penerbangan yang tertunda sudah sangat menyebalkan, lihatlah ke sekeliling, dan sapa dengan ramah penumpang lain yang juga mengalami hal sama.

Selain itu, bisa juga menggunakan aplikasi pencari teman yang bisa diunduh di telepon genggam. Tapi, tetap berhati-hati dengan barang bawaan Anda, serta jangan mudah percaya untuk memberikan sesuatu yang berharga, seperti uang atau perhiasan, kepada orang yang baru dikenal.