Jelang 20 Tahun Kematian Putri Diana, Banjir Bunga di Istana

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Selasa, 29/08/2017 12:31 WIB
Jelang 20 Tahun Kematian Putri Diana, Banjir Bunga di Istana Menjelang peringatan 20 tahun kepergian Putri Diana, publik menempatkan lilin, kartu ucapan dan rangkaian bunga di Golden Gates, di selatan Istana Kensington. (Foto: AFP PHOTO / PATRICK RIVIERE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski hampir 20 tahun kepergian Putri Diana, tampaknya dunia dan khususnya warga Inggris masih berduka. Duka ini dilukiskan dengan pemandangan pernak-pernik serta bunga yang didedikasikan khusus untuk sang puteri yang meninggal akibat kecelakaan mobil di terowongan Port d'Alma, Paris pada 31 Agustus 1997.

Mengutip dari Daily Mail, mulai Senin (28/8) kemarin, tampak sejumlah karangan bunga, surat, foto, ungkapan duka, banner juga lilin diletakkan warga di Golden Gates, sebelah selatan Istana Kensington di West London. Sejumlah staf dan petugas keamanan di mana keluarga kerajaan ini tinggal sudah bersiaga dan mengarahkan warga menuju gerbang.

Bunga-bunga khusus untuk peringatan kematian Diana mulai terlihat. Bunga-bunga ini kemungkinan akan terus bertambah dan diprediksi bakal jadi lautan bunga seperti yang terjadi 20 tahun lalu.


[Gambas:Instagram]

Sebuah pesan mencoba mendeskripsikan Diana sebagai 'seorang yang cantik dari dalam', dan ditutup dengan tulisan 'Anda akan selamanya jadi Queen of Hearts.'

[Gambas:Instagram]


Warga yang melintas depan Golden Gates tidak hanya yang sengaja datang untuk menempatkan bunga. Ada juga yang ingin melihat apa saja atribut yang ditempel di sana.

Selain rangkaian bunga, di pintu gerbang tampak potret Putri Diana dengan Pangeran William dan Pangeran Harry saat masih belia. Ada juga sepucuk surat yang ditujukan untuk Diana, sebagai sebuah penghormatan.



Buka suara

Minggu ini, kedua putera Diana, Pangeran William dan Pangeran Harry angkat bicara untuk pertama kalinya dalam program televisi terkait kepergian sang bunda.

"(Dia adalah) seberkas cahaya di dunia abu-abu," kata William.

Tak ingin memutus kegiatan amal Diana, Rabu esok mereka akan menemui perwakilan yayasan amal yang pernah bekerja sama dengan Diana. Mereka ingin kenangan akan Diana terus hidup. Dua bersaudara ini juga akan mengunjungi The Sunken Garden, sebuah lokasi di istana di mana Diana tinggal.

Selain itu, bersama Kate Middleton, mereka akan menemui orang-orang dari lembaga amal seperti National Aids Trust, The Leprosy Mission, dan Great Ormond Street Hospital.


Meski akhir bulan ini bakal jadi peringatan 20 tahun kepergian Diana, tapi dikabarkan tak ada satu pun anggota keluarga kerajaan yang akan ambil bagian dalam perayaan resmi. Pangeran Charles akan melanjutkan istirahat tahunannya di Birkhall, rumahnya di kawasan Scottish Highlands.

Sementara itu Ratu Elizabeth II dan anggota keluarga kerajaan lain akan menghabiskan liburan dekat Balmoral.