Diplomasi Melania Trump Lewat Gaun Motif Bunga Saat ke China

Rahman Indra, CNN Indonesia | Jumat, 10/11/2017 08:03 WIB
Diplomasi Melania Trump Lewat Gaun Motif Bunga Saat ke China Melania Trump memilih busana mencolok dengan gaun hitam bermotif penuh bunga yang terinspirasi dari gaya busana khas China, negara yang sedang dikunjunginya. (Foto: AFP PHOTO / NICOLAS ASFOURI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Melania Trump tak banyak bicara. Namun, tak demikian dengan pilihan busananya.

Setiap kali kunjungan resmi kenegaraan, Ibu Negara Amerika Serikat itu selalu memilih busana yang menyimpan simbol atau penanda tertentu, entah dari pilihan desainer atau dari motif dan potongan gaun.

Saat mendampingi suaminya Presiden AS, Donald Trump berkunjung ke China, pada Kamis (9/11), Melania mengenakan gaun hitam rancangan desainer Dolce & Gabbana, yang mencolok berkat motif penuh bunga di seluruh bagian gaun.


Baju itu ia kenakan saat upacara resmi penyambutan kedatangan oleh Presiden China Xi Jinping, dan juga dihadiri Madame Peng Liyuan.


Dikutip dari Daily Mail, gaun yang diperkirakan seharga Rp54 juta rupiah itu dihiasi bordiran bunga pink dengan detail hiasan di bagian depan. Trinspirasi dari gaya busana China, gaun tersebut merupakan modifikasi dari koleksi D&G yang aslinya lengan panjang dan selutut. Melania membuatnya lengan pendek dan gaun panjang hingga menyapu lantai.

Pilihannya itu bisa jadi sekadar taste fashion, atau bisa juga sebagai balasan atas apa yang dilakukan sejumlah desainer yang menolak mendandaninya saat Trump menjadi presiden beberapa waktu lalu, seperti Tom Ford, Marc Jacobs, dan Shophie Teallet. Selain Dolce & Gabbana, Melanie kerap menggunakan gaun rancangan dari desainer ternama, seperti Karl Lagerfeld dan Christian Louboutin.

Gaun yang dikenakan Melania menjadi mencolok karena di sekitarnya hampir semua orang mengenakan busana serba hitam, termasuk Trump, Xi Jinping, dan juga Madame Peng.

[Gambas:Instagram]

Usai hadir di upacara penyambutan resmi, gaun itu juga dikenakan Melania saat bertandang bersama Madame Peng ke salah satu sekolah dasar, Banchang Primary School, di Beijing.

Inspirasi Ivanka

Pilihan gaun bermotif bunga khas China yang dipakai Melania tak jauh beda dari kesan yang ditampilkan Ivanka Trump, putrinya.

Saat bertemu PM Jepang Shinzo Abe pekan sebelumnya, Ivanka mengenakan gaun rancangan rumah mode Italia juga, yakni Johanna Ortiz berupa kimono dengan motif bunga.

Gaun selutut itu dilengkapi ikat pnggang hitam yang sekilas mirip dengan pakaian tradisional Jepang, antara abad kedelapan dan sembilan.

[Gambas:Instagram]

Jika diperhatikana seksama, Ivanka memberi penghormatan pada Jepang saat bertemu Abe, tak jauh beda ketika Melania memberi penghormatan pada China saat bertemu Presiden Xi Jinping dan Madame Peng. Keduanya sama-sama berbicara lewat pilihan busana. (rah/rah)