Di Balik Tradisi Kelahiran Anak di Keluarga Kerajaan Inggris

CNNIndonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 14/04/2018 16:27 WIB
Di Balik Tradisi Kelahiran Anak di Keluarga Kerajaan Inggris Proses persalinan keluarga kerajaan Inggris didampingi lebih dari 20 staf medis. Selain itu, ruang persalinan dihias dengan warna pastel menenangkan. (Foto: REUTERS/Jens Kalaene/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anak ketiga Pangeran William dan istrinya Kate Middleton dikabarkan akan lahir Mei 2018 mendatang. Seperti pada kelahiran anak pertama dan keduanya, proses persalinan Kate Middleton kemungkinan berlokasi di Sayap Lindo di Rumah Sakit St. Mary's, London, Inggris.

Mengantisipasi peristiwa penting tersebut, beragam persiapan dilakukan keluarga kerajaan dan staf-staf di Istana Kensington. Tidak banyak yang tahu bahwa sebelum Putri Diana melahirkan Pangeran William, keluarga kerajaan memiliki tradisi untuk melahirkan di istana, bukan di rumah sakit.

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut beberapa fakta mengenai proses persalinan di lingkaran keluarga kerajaan Inggris:



1. Tak diantar polisi

Tidak seperti perkiraan banyak orang, para ibu dari keluarga besar kerajaan Inggris yang akan melahirkan tidak diantar oleh polisi, lengkap dengan lampu mobil yang berkedip. Mayoritas ibu dari keluarga kerajaan yang akan melahirkan diantar di mobil bersama suaminya ke rumah sakit, tanpa iringan dan bunyi-bunyian apapun.

Putri Diana dan suaminya Pangeran Charles menaiki mobil polisi Land Rover ketika akan melahirkan Pangeran William. Begitu juga dengan Kate dan William, 30 tahun kemudian pada kelahiran Pangeran George.

Satu-satunya ibu hamil dari keluarga kerajaan yang diantar oleh ambulans ke rumah sakit adalah Sophie, Countess of Wessex yang pingsan di rumahnya pada 2003 sebelum ia melahirkan.

2. Sayap Lindo di RS St. Mary's bukan tempat mewah

Lokasi persalinan Kate Middleton telah dideskripsikan sebagai tempat yang nyaman, namun tidak terlalu mewah, oleh pasien-pasien yang pernah singgah disana.

Di ruangan persalinan Kate, dinding dan furnitur dihias dengan warna-warna pastel yang menenangkan. Di sebelah tempat tidur terletak sofa bagi anggota keluarga yang ingin tidur. Harga sewa kamar di Sayap Lindo adalah sekitar 5.215 hingga 10.000 poundsterling per malam.


3. Proses persalinan didampingi lebih dari 20 staf medis

Aturan mengenai siapa yang mendampingi ibu dari keluarga kerajaan Inggris yang melahirkan kerap berubah dari waktu ke waktu. Dulu, selain dihadiri oleh staf medis, proses persalinan juga dihadiri oleh menteri-menteri dan konselor yang ada untuk memastikan bayi tersebut merupakan anak kandung dari keluarga kerajaan. Sedangkan sang ayah tidak diperbolehkan untuk berada di ruangan.

Namun, aturan ini dirubah oleh King George VI pada masa kelahiran Pangeran Charles. Pangeran Charles merupakan anggota keluarga kerajaan pertama yang hadir pada proses persalinan istrinya.

Pada kasus Kate, ia juga akan ditemani suaminya Pangeran William. Selain itu, lebih dari 20 staf medis yang terdiri dari doktor bedah khusus keluarga kerajaan, doktor anak hingga bidan juga akan mendampingi Kate.

"Kami memiliki tim besar. Untuk mengatasi kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kami punya tim yang terdiri dari orang-orang dengan spesialisasi berbeda-beda," ucap ahli kebidanan Profesor Tiong Ghee Teoh.

Tim yang nantinya akan mendampingi proses persalinan Kate Middleton juga diperintahkan untuk berjaga-jaga selama 3 bulan. Mereka harus siap untuk langsung berangkat ke rumah sakit kapanpun panggilan datang.

4. Ratu penjenguk pertama

Pada kelahiran Peter Phillips dan Pangeran William, sang Ratu merupakan penjenguk pertama. Sedangkan pada kelahiran Pangeran Harry, penjenguk pertamanya adalah kakaknya William.

Ketika Kate Middleton melahirkan Pangeran George pada 2013 lalu, penjenguk pertama adalah orangtua dari Kate sendiri, yakni Carole dan Michael Middleton. Sedangkan Putri Charlotte pada 2016 pertama dijenguk oleh kakaknya George.


5. Putri Diana melahirkan dengan berdiri

Beberapa dekade lalu, Putri Diana telah menghentikan tradisi keluarga kerajaan yang menggunakan anestesi atau obat bius ketika melahirkan, sehingga proses persalinan dapat dilalui tanpa rasa sakit. Bukan hanya memilih untuk menjalani proses persalinan yang alamiah, Diana juga melahirkan Pangeran William, sekitar 30 tahun lalu, dengan posisi berdiri.

Hal ini dilakukan berdasarkan saran yang diberikan ahli persalinan alami Sheila Kitzinger. "Saya berkata bahwa Charles terlihat cukup kuat untuk memegangnya. Dan itulah yang terjadi," ucap Kitzinger seperti dikutip dari Town and Country Magazine.

6. Kate Middleton akan dirias dahulu pasca persalinan sebelum menemui publik

Walaupun terkesan sebagai sesuatu yang sepele pada peristiwa yang besar, Kate Middleton akan dirias dan didandani terlebih dahulu setelah ia melahirkan anak ketiganya.

Hal ini dilakukan karena awak media akan mengambil banyak foto ketika Kate, William dan anaknya keluar dari rumah sakit. Foto ini akan tersebar dan menjadi dokumentasi penting di sepanjang hidup anak ketiga Kate tersebut. Untuk itu, pihak istana memanggil seorang penata rambut dan perancang. Pakaian yang akan dikenakan Kate ketika keluar dari rumah sakit dirancang oleh Jenny Packham. (ast/rah)