Tips Memilih Kayak Berdasarkan Kebutuhan

CNN Indonesia | Kamis, 31/01/2019 09:10 WIB
Tips Memilih Kayak Berdasarkan Kebutuhan Ilustrasi. (Foto: Dok. Sea Kayak Owner Club Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tren aktivitas luar ruangan yang sedang naik daun, tak terkecuali kayak. Banyak pihak berlomba untuk memiliki perlengkapan berdasarkan seleranya. Biaya mahal tidak menjadi halangan bagi yang menggeluti hobinya.

Pada awalnya olahraga ini lekat dengan kesan kalangan tertentu, namun sedikit demi sedikit cukup banyak orang yang tertarik memiliki kayak pribadi.

Persoalan yang kerap dihadapi oleh para kayakers pemula adalah memilih kayak sesuai dengan kebutuhannya. Mengutip outdoorgearlab, berikut adalah cara memilih kayak yang sesuai kebutuhan.


Recreational kayak

Jika lebih sering menghabiskan waktu berada di air tenang, seperti telaga atau sungai tanpa jeram, maka kayak jenis ini adalah pilihan yang tepat.

Selain itu recreational kayak adalah pilihan yang tepat untuk pemula, dan bisa juga menjadi medium untuk berolahraga.

[Gambas:Instagram]

Touring kayak

Kayak jenis ini didesain untuk mengarungi jeram yang cukup liar, hingga penggunaan di lautan. Biasanya touring kayak dipakai oleh mereka yang keahliannya menengah hingga mahir.

[Gambas:Instagram]

Fishing kayak

Pada dasarnya, kayak jenis ini hampir mirip dengan recreational kayak namun dengan ukuran yang jauh lebih besar serta harus dipompa sebelum menggunakannya. Jika memancing adalah tujuan hidup, maka memilih kayak jenis ini adalah yang paling masuk akal.

[Gambas:Instagram]

Inflatable kayak

Keunggulan kayak jenis ini tidak memakan banyak tempat, namun memerlukan waktu ekstra untuk memompanya. Perhatikan kualitas inflatable kayak sebelum membelinya agar tidak menyesal saat di perjalanan.

[Gambas:Instagram]

Sea kayak

Kayak jenis ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar ketimbang kayak yang biasa dipakai di sungai. Hal ini diperlukan untuk memecah gelombang laut, dan memiliki kemampuan untuk mengapung yang lebih besar.

[Gambas:Instagram]

(agr/ard)