Mengenal Manfaat Pohon Sengon untuk Kesehatan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 08/08/2019 15:58 WIB
Mengenal Manfaat Pohon Sengon untuk Kesehatan Pohon sengon (Foto: dok. CIFOR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama pohon sengon mendadak menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir. Ia disebut-sebut sebagai penyebab utama pemadaman listrik di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah.

Sengon memiliki nama ilmiah Albizia chinensis. Pohon ini merupakan tanaman kayu yang tumbuh dengan cepat. Tingginya bisa mencapai 30 hingga 45 meter.

Sengon mengandung konsentrasi tinggi saponin, polifenol, dan triterpenoid. Ketiganya diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan. Di India, pohon ini kerap dijadikan bagian dari perawatan ayurvedic.


Mengutip Organic Facts, berikut manfaat kesehatan dari pohon sengon.

1. Obat cemas
Kombinasi unik dari komponen aktif seperti quercetin, isoquercetin, saponin, dan polifenol memiliki dampak positif untuk tubuh. Sengon diketahui dapat membantu mengurangi gangguan stres dan cemas.

2. Mengurangi gejala depresi
Pohon jenis ini juga dapat meningkatkan suasana hati dengan menyeimbangkan kembali hormon dalam tubuh.

Pohon ini juga ampuh untuk meredakan perasaan ingin bunuh diri dan tantrum yang menjadi gejala depresi.

3. Obat tidur
Jika Anda mengalami sulit tidur, rebusan daun pohon sengon bisa membantu membuat tidur lebih nyenyak. Rebusan dipercaya dapat menenangkan saraf dan pikiran yang dapat merangsang tidur agar lebih nyenyak.

4. Mengatasi gangguan pernapasan
Tanaman jenis ini bermanfaat bagi mereka yang menderita asma, alergi, atau kondisi pernapasan kronis. Sengon secara signifikan membantu menghilangkan peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan.

5. Antioksidan
Pohon sengon dikenal pula sebagai tanaman yang kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

6. Menjaga kulit sehat
Kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang ada dalam pohon sengon bermanfaat untuk kesehatan kulit. Pohon sengon dipercaya dapat menenangkan sejumlah kondisi kulit seperti ruam, cacat, luka, jerawat, dan psoriasis.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)