Pesan Salmon Mentai yang Nikmat dan Sehat Lewat GrabFood

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 27/11/2019 18:42 WIB
Pesan Salmon Mentai yang Nikmat dan Sehat Lewat GrabFood Ilustrasi Grabfood. (Dok. Grab)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hidangan mentai sepertinya tengah menjadi tren kuliner di media sosial akhir-akhir ini. Mentai atau dikenal dengan nasi mentai merupakan salah satu hidangan Jepang berbahan dasar roe pollack Alaska. Ikan ini merupakan salah satu spesies ikan laut dari keluarga cod.

Mentai sebenarnya juga memiliki beberapa variasi seperti salmon mentai, daging sapi (beef) mentai, dan sushi mentai. Namun belakangan, salmon mentai digandrungi pencinta kuliner sebagai pilihan makanan baru yang enak nan sehat.

Salmon merupakan sumber asam lemak omega-3. Jika rutin dikonsumsi, Anda bisa terhindar dari risiko penyakit kronis (Foto: FoodiesFeed/Jakub Kapusnak)



Salmon merupakan makanan yang paling bernutrisi. Ikan berlemak sehat ini mengandung segudang nutrien, salah satunya sumber asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 yang dicerna tubuh bisa mengurangi risiko seseorang terkena penyakit kronis, seperti mengurangi inflamasi, menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko kanker, dan meningkatkan fungsi sel dalam arteri.

Berikut 5 manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan mengonsumsi salmon.

1. Meningkatkan massa otot
Ikan adalah protein lengkap yang rendah lemak jenuh, menjadikannya sumber asam amino yang ideal dalam makanan sehat. Protein berperan besar meningkatkan vitalitas tubuh, seperti mempercepat penyembuhan, melindungi kesehatan tulang, meningkatkan massa otot, dan memperlambat proses penuaan. Untuk mendapatkan manfaat itu, setidaknya konsumsi 20-30 gram protein, setara dengan 100 gram salmon.

2. Melindungi kesehatan otak
Menambahkan salmon dalam makanan dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak. Ikan berlemak maupun minyak ikan dapat mengurangi gejala depresi, melindungi kesehatan otak janin selama kehamilan, mengurangi kecemasan, menghambat hilangnya ingatan yang berkaitan dengan penuaan, serta menurunkan risiko demensia.

Dalam satu penelitian terhadap orang berusia 65 tahun, mengonsumsi ikan berlemak dua kali seminggu mengurangi risiko kerusakan memori sebesar 13 persen.

3. Mengatasi peradangan

Salmon bisa menjadi senjata ampuh melawan peradangan. Banyak ahli percaya bahwa peradangan adalah akar penyebab penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa makan salmon membantu mengurangi risiko peradangan. Mengonsumsi 80 gram salmon atau ikan berlemak lainnya setiap hari menyebabkan penurunan inflamasi dalam darah dan usus besar mereka sekaligus terjadi perbaikan kondisi kesehatan.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung
Makan salmon secara teratur dapat membantu mencegah penyakit jantung. Secara umum salmon mampu meningkatkan omega-3 dalam darah. Sementara banyak orang memiliki terlalu banyak asam lemak omega-6 dalam darah mereka dibandingkan dengan omega-3.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika keseimbangan kedua asam lemak ini tidak aktif, risiko penyakit jantung meningkat. Sebuah studi menunjukkan mengonsumsi dua porsi salmon per minggu meningkatkan kadar darah omega-3 sebesar 8-9 persen dan menurunkan kadar omega-6.

5. Mengontrol berat badan
Seperti makanan berprotein tinggi lainnya, salmon membantu mengatur hormon yang mengendalikan nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang. Itulah alasannya, mengonsumsi salmon secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Selain itu, tingkat metabolisme meningkat lebih banyak setelah makan makanan kaya protein seperti salmon dibandingkan dengan makanan lain. Penelitian menunjukkan bahwa lemak omega-3 pada ikan salmon dan ikan berlemak lainnya dapat menurunkan lemak perut pada individu yang kelebihan berat badan. Selain itu, salmon cukup rendah kalori. Satu porsi salmon 100 gram salmon hanya memiliki 206 kalori.

Nah, untuk bisa memperoleh manfaat kesehatan itu semua namun tetap menyantap makanan enak, Anda bisa memasukkan salmon mentai ke dalam menu harian Anda. Bagi Anda yang sibuk, Anda tetap bisa menikmati salmon mentai dengan memesannya di aplikasi GrabFood. Yuk, pesan sekarang juga melalui aplikasi GrabFood. (fef)