Cara Mencegah Penyakit Akibat Banjir di Masa Pandemi

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 17/10/2020 05:51 WIB
Banjir di masa pandemi Covid-19 dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit. Cegah penyakit dengan beberapa cara berikut. Ilustrasi. Banjir di masa pandemi Covid-19 dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit. (ANTARA FOTO/JOJON)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musim hujan membuat sejumlah wilayah di Indonesia rawan banjir. Banjir di masa pandemi Covid-19 dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit. Cegah penyakit yang muncul karena banjir di masa pandemi.

Banjir meningkatkan risiko sejumlah penyakit. Misalnya, penyakit yang disebarkan lewat air seperti leptospirosis dan tetanus saat air mengenai luka. Lalu penyakit karena vektor seperti demam berdarah, malaria, chikungunya, dan kaki gajah. Ada pula penyakit yang muncul karena buruknya kebersihan saat banjir seperti diare dan infeksi kulit.

Penyakit-penyakit yang berkaitan dengan banjir ini dapat dicegah dengan sejumlah cara. Berikut cara mencegah banjir di masa pandemi.


1. Menjaga kebersihan diri

Kebersihan diri sangat penting di musim hujan dan ketika banjir melanda. Sejumlah penyakit muncul karena badan yang tidak bersih sehingga menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Di masa pandemi ini, selalu mandi dan membersihkan diri serta barang-barang pribadi setelah bepergian. Membersihkan diri juga penting dilakukan saat setelah melewati genangan banjir.

2. Menjaga kebersihan lingkungan rumah

Tak hanya kebersihan diri, kebersihan lingkungan rumah juga penting dijaga. Lingkungan yang kotor merupakan sumber penyakit. Selalu bersihkan lingkungan sekitar dan buah sampah pada tempatnya.

Jangan biarkan air menggenang karena dapat menjadi sarang jentik nyamuk yang menyebabkan demam berdarah. Basmi lokasi-lokasi yang menjadi sarang jentik nyamuk.

3. Makanan yang sehat

Konsumsi makanan yang sehat bernutrisi seimbang. Makanan yang sehat dapat memperkuat kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah sejumlah penyakit.

Perhatikan pula kebersihan makanan untuk mencegah diare yang kerap terjadi di saat banjir dan musim hujan.

4. Persiapkan obat-obatan

Saat banjir di masa pandemi, akses mendapatkan obat dan ke rumah sakit seringkali terganggu. Oleh karena itu, persiapkan P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan serta obat-obatan di rumah. Obat-obatan penting sebagai pertolongan pertama ketika muncul gejala.

5. Protokol kesehatan

Pastikan semua aktivitas saat hujan dan banjir dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Protokol kesehatan mutlak diterapkan di masa pandemi ini untuk mencegah Covid-19.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]