10 Jenis Rasa Lapar yang Kerap Tak Kamu Sadari

tim, CNN Indonesia | Senin, 08/02/2021 08:31 WIB
Anda mungkin berpikir rasa lapar adalah sekadar lapar. Padahal setidaknya ada 10 jenis rasa lapar yang biasa dialami seseorang. Anda mungkin berpikir rasa lapar adalah sekadar lapar. Padahal setidaknya ada 10 jenis rasa lapar yang biasa dialami seseorang.(SZE FEI WONG/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anda mungkin berpikir rasa lapar adalah sekadar lapar. Padahal setidaknya ada 10 jenis rasa lapar yang biasa dialami seseorang.

Mengenali jenis rasa lapar bisa membantu Anda yang tengah diet atau menjaga pola makan agar tetap teratur.

Berikut 10 jenis rasa lapar yang biasa dialami dan cara mengatasinya.


1. Lapar perut

Ini adalah jenis paling umun dari rasa lapar. Ini tak berarti Anda benar-benar lapar, tapi jam tubuh Anda memberitahu bahwa ini sudah waktunya makan, baik sarapan, makan siang, atau malam.

Untuk mengatasinya, kunyahlah dengan baik dan makan makanan Anda perlahan. Anda juga bisa mencoba minum air jika sudah merasa kenyang untuk mencegah overeating.

2. Lapar mata

Daya tarik visual dari makanan atau minuman apa pun menarik perhatian. Misalnya terjadi pada dessert, sebuah cupcake red velvet terlihat cukup menggugah selera, Anda tetap akan memakannya meski sudah merasa kenyang. Hanya karena lapar mata

Cara mencegahnya: Jika Anda sedang duduk di restoran, coba fokus pada pemandangan indah lainnya di ruangan itu. Atau mulailah berbicara dengan orang yang menemani Anda. Pengendalian diri adalah praktik yang konsisten dan Anda perlu menguasainya selama periode waktu tertentu.

3. Lapar karena suara

Ini kerap terjadi pada kasus ASMR. Pascadengar orang mengunyah renyahnya keripik atau makanan renyah lainnya, biasanya perut akan mulai berontak dan lapar melanda.

Selain suara ASMR, suara dentangan penggorengan yang beradu dengan sutil pengaduk juga membuat orang sulit mengontrol nafsu makan.

Solusi: Alihkan perhatian Anda atau cukup keluar dari ruangan tempat suara-suara ini bisa terdengar.

Bau sampai Nonton

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK