7 Kebiasaan yang Bikin Mata Rusak

tim | CNN Indonesia
Kamis, 17 Jun 2021 18:30 WIB
Ada banyak kebiasaan kecil yang dapat menyebabkan mata rusak mulai dari rasa sakit, ketidaknyamanan, hingga yang terburuk kehilangan penglihatan. Ada banyak kebiasaan kecil yang dapat menyebabkan mata rusak mulai dari rasa sakit, ketidaknyamanan, hingga yang terburuk kehilangan penglihatan. (iStockphoto/Urilux)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sama seperti organ lainnya, kesehatan mata juga penting untuk dijaga. Ada banyak kebiasaan kecil yang dapat menyebabkan mata rusak mulai dari rasa sakit, ketidaknyamanan, hingga yang terburuk kehilangan penglihatan.

Oleh karena itu, penting untuk mewaspadai sejumlah kebiasaan yang dapat membuat mata rusak sebagai berikut.

1. Menatap layar terlalu lama

ilustrasi anak dan gadgetIlustrasi. Menatap layar gadget merupakan salah satu kebiasaan yang dapat merusak mata. (iStockphoto/ ljubaphoto)

Berusaha keras untuk membaca teks kecil di ponsel Anda mungkin menjadi alasan mata Anda sakit hari demi hari - terutama jika Anda melakukannya selama berjam-jam. Itu juga bisa menyebabkan penglihatan kabur, mata kering, pusing, dan mual.


Sebagaimana dilansir GoodHouseKeeping, letakkan ponsel Anda setiap 20 menit untuk mengistirahatkan mata Anda. Atau, lebih baik lagi, buat font di ponsel Anda lebih besar sehingga mata Anda tidak bekerja keras dari waktu ke waktu untuk membaca teks kecil itu.

Selain itu, melihat semua jenis layar tepat sebelum tidur dalam kegelapan, termasuk ponsel, e-reader, televisi, dan komputer Anda, tidak baik untuk mata Anda.

Tingkat cahaya berubah dengan cepat, sehingga mata Anda harus bekerja keras untuk memproses perubahan, yang dapat menyebabkan kelelahan mata, nyeri, sakit kepala, mata kering, dan kemerahan. Lebih buruk lagi? Ini juga bisa mengacaukan jadwal tidur Anda.

2. Tidur menggunakan lensa kontak

Close-up Of Young Man Holding Contact Lens On FingerIlustrasi. Tidak melepaskan lensa kontak saat tidur merupakan salah satu kebiasaan yang dapat merusak mata. (iStockphoto/AndreyPopov)

Terkadang, saat sudah larut dan lelah, Anda mungkin malas melepas lensa kontak. Namun, patut diingat bahwa itu bukan alasan untuk kemudian tidur saat masih menggunakannya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC), hampir satu juta orang Amerika mengunjungi dokter mata setiap tahun karena infeksi yang berhubungan dengan memakai lensa kontak.

Saat Anda mengeluarkannya di malam hari, pastikan tangan Anda bersih dan Anda menggunakan larutan lensa kontak ekstra.

3. Menggosok mata Anda

Tired student is learning at home. She is rubbing her eyes.Sering menggosok matamerupakan salah satu kebiasaan yang dapat merusak mata. (iStockphoto/Photodjo)

Meskipun menggoda, itu adalah larangan besar. Menggosoknya terlalu keras dapat merusak pembuluh darah di bawah kelopak mata.

Jadi untuk menenangkan mata yang teriritasi, cobalah kompres dingin sebagai gantinya.

Simak kebiasaan yang bikin mata rusak lainnya di halaman berikut.

Terlalu sering menggunakan obat tetes mata

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER