A TO Z

Vitamin A: Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian

CNN Indonesia | Minggu, 25/07/2021 13:57 WIB
Vitamin A merupakan salah satu nutrisi penting yang memiliki banyak kegunaan. Berikut selengkapnya mengenai vitamin A. Ilustrasi. Vitamin A merupakan salah satu nutrisi penting yang memiliki banyak kegunaan. (iStockphoto/LumenSt)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seperti diketahui, vitamin A merupakan nutrisi penting yang memiliki banyak kegunaan. Salah satunya dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Seseorang yang kekurangan asupan vitamin A memiliki risiko terkena penyakit atau infeksi serius yang bisa berakibat fatal.

Apa itu Vitamin A?

Vitamin A merupakan senyawa organik dengan fungsi vital dalam proses metabolisme yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.


Mengutip Mayo Clinic, retinol dan asam retinoat yang terkandung dalam vitamin ini berperan penting untuk penglihatan, pertumbuhan, pembelahan sel, reproduksi, dan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin A juga bersifat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang bisa memicu stres oksidatif.

Sama seperti nutrisi lainnya, vitamin A dapat diperoleh dari makanan sehari-hari. Anda juga bisa mendapatkannya dari suplemen tambahan.

Apa Saja Manfaat Vitamin A?

Details of Human Eye Macro View with Natural LightIlustrasi. Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu manfaat vitamin A. (iStockphoto/mady70)

Mengutip Healthline, ada banyak manfaat vitamin A untuk kesehatan, di antaranya sebagai berikut.

1. Antioksidan

Karotenoid provitamin A seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin dalam vitamin A bersifat antioksidan untuk melawan radikal bebas yang bahayakan tubuh.

2. Melindungi kesehatan mata

Asupan vitamin A dapat membantu mencegah penyakit mata tertentu, seperti degenerasi makula. Nama terakhir merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya penglihatan.

3. Mencegah kanker

Karena bersifat antioksidan, konsumsi buah sayuran yang tinggi vitamin A bisa mencegah pertumbuhan sel kanker tertentu, seperti kanker kandung kemih, payudara, dan ovarium.

4. Meningkatkan kesuburan

Konsumsi vitamin A sangat penting bagi kesuburan, baik pada pria ataupun wanita. Vitamin ini berperan dalam perkembangan sperma dan sel telur.

Vitamin ini juga berperan penting dalam perkembangan dan pemeliharaan jaringan janin.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin A dapat membantu pembentukan sel-sel tertentu dalam tubuh, termasuk sel B dan T, yang berperan sentral menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Simak selengkapnya mengenai vitamin A di halaman berikutnya...

Fungsi dan Makanan yang Mengandung Vitamin A

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK