7 Tips Diet Tepat agar Vagina Sehat

tim | CNN Indonesia
Rabu, 13 Okt 2021 22:10 WIB
Diet harian Anda bakal membawa pengaruh buat kondisi vagina. Berikut tujuh diet tepat agar vagina sehat. Diet harian Anda bakal membawa pengaruh buat kondisi vagina. Berikut tujuh diet tepat agar vagina sehat. (iStockphoto/amenic181)

Berikut tips diet agar vagina sehat.

4. Kontrol konsumsi gula

Terlalu banyak gula juga tidak disarankan jika ingin vagina tetap sehat. Gula akan merusak keseimbangan bakteri alami vagina. Ketidakseimbangan bakteri vagian akan memicu infeksi, bengkak dan iritasi.

"Orang yang rentan infeksi jamur sebaiknya menghindari makanan manis dan buah-buahan karena gula bisa mendorong pertumbuhan jamur di vagina," jelas Leena Nathan, dokter kandungan di Ronald Reagan UCLA Medical Center.


5. Batasi konsumsi daging dan produk susu

Daging dan produk susu kadang mengandung xenoestrogen atau hormon buatan yang menirukan estrogen. Burt Webb, medical doctor, menjelaskan hormon buatan ini akan menghalangi estrogen dari vagina, mencegah pembentukan lapisan mukus, sehingga rentan terhadap infeksi.

6. Konsumsi pangan berbasis tumbuhan

Biasanya Anda akan disarankan untuk mengonsumsi jus cranberry untuk mencegah dan mengatasi infeksi saluran kencing. Kemudian konsumsi sayuran hijau untuk mengurangi kekeringan pada vagina. Di samping itu, jangan lupa untuk memasukkan kedelai dalam diet harian.

Kedelai mengandung phytoestrogen yakni komponen yang menirukan estrogen. Kedelai dinilai penting untuk menyehatkan vagina terutama pada wanita yang mengalami penurunan estrogen akibat menopause maupun terapi pengobatan tertentu.

7. Jaga hidrasi

Menurut Levine, vagina layaknya bagian dalam mulut. Saat mulut terasa kering dan haus, hal ini juga bisa terjadi pada vagina. Sebaiknya penuhi kebutuhan cairan harian. Selain untuk menghindari kekeringan vagina, menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan upaya untuk mencegah bau tidak sedap pada permukaan vagina.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER