7 Tips Diet Tepat agar Vagina Sehat

tim | CNN Indonesia
Rabu, 13 Okt 2021 22:10 WIB
Diet harian Anda bakal membawa pengaruh buat kondisi vagina. Berikut tujuh diet tepat agar vagina sehat. Diet harian Anda bakal membawa pengaruh buat kondisi vagina. Berikut tujuh diet tepat agar vagina sehat. (iStockphoto/RossHelen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Diet harian Anda bakal membawa pengaruh buat kondisi vagina. Vagina memiliki flora alami yang berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap serangan kuman bibit penyakit.

Sebagaimana dilansir Healthline, pH normal vagina berkisar 3,8-4,5. Saat keseimbangan pH terganggu, vagina bisa mengalami keputihan lebih banyak dari biasanya, berbau tak sedap, hingga yang lebih parah bisa timbul infeksi. Dalam kondisi sehat, vagina bisa melindungi dan membersihkan dirinya sendiri.

Akan tetapi, Anda tetap perlu mendukung kesehatan vagina dengan kebersihan yang baik, seks aman, cek ke ahli dan diet yang tepat.


Berikut tujuh diet tepat agar vagina sehat.

1. Konsumsi pangan sumber prebiotik dan probiotik

Seperti usus, vagina juga memerlukan makanan yang mendukung keseimbangan flora alaminya. Menurut Glamour, Brian A. Levine, medical doctor, menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung prebiotik seperti, bawang putih, bawang bombay dan daun bawang, juga makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt, kimchi, acar, tempe dan kombucha.

2. Lemak sehat

Lemak bukan makronutrien yang layak dimusuhi, apalagi jika bicara lemak sehat. Lemak sehat berfungsi mengatur kadar kolesterol, menjaga kadar estrogen tetap seimbang, dan membantu pembentukan lapisan pada mukus untuk melawan infeksi.

Lemak sehat bisa diperoleh dari konsumsi kacang-kacangan, minyak zaitun dan alpukat.

"Selain menyediakan potassium, antioksidan, serat dan banyak nutrisi penting, lemak tak jenuh pada alpukat menunjukkan fungsi mendorong produksi hormon yang berhubungan dengan lubrikasi vagina," kata Cynthia Sass, ahli diet dan konsultan, seperti dikutip Health.

3. Menghindari makanan olahan

Makanan olahan terbilang mudah diolah dan diperoleh di pasaran. Adapun makanan olahan ini misalnya, sereal sarapan, buah atau sayur kalengan, roti putih, sosis, ham, saus, biskuit, aneka keripik juga makanan siap saji.

Konsumsi makanan olahan terlalu banyak atau sering bisa melemahkan sistem imun. Akibatnya, ini bisa memberikan kesempatan bakteri, virus atau jamur berkembang biak di vagina dan menimbulkan infeksi, kekeringan, infeksi saluran kencing.

Simak tips diet agar vagina sehat lainnya di halaman berikut.

Batasi Konsumsi Daging dan Produk Susu

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER