7 Nama Tokoh Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Luar Negeri

CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 10:11 WIB
Nama pahlawan nasional Indonesia telah banyak yang diabadikan di luar negeri. Paling banyak di Belanda, dan yang paling terbaru di Timur Tengah. Foto 2018. Patung Presiden RI pertama Soekarno di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. (INASGOC/Andika Wahyu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejak beberapa hari yang lalu, media massa dan media sosial diramaikan dengan isu rencana penamaan jalan di Indonesia dengan nama tokoh sekuler asal Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

Beberapa pihak menolak hadirnya jalan Ataturk di Indonesia, karena merasa sosok Ataturk menjadikan Turki negara maju namun menjauhkan rakyatnya dari ajaran agama Islam.

Sebelumnya, pemerintah Turki sepakat memberi nama jalan di depan KBRI Ankara dengan nama salah satu Bapak Bangsa Indonesia yang juga proklamator, Ahmet Soekarno.


Hal tersebut dilakukan sebagai simbol kedekatan kedua negara yang sudah dimulai sejak abad ke-15.

Pemerintah Turki, setuju memenuhi permintaan Indonesia untuk memberikan nama jalan di depan kantor kedutaan itu.

Untuk menjaga hubungan diplomatik, Indonesia kemudian akan memberi nama salah satu jalan di Jakarta dengan nama Bapak Bangsa Turki.

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia di Ankara, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan kalau hingga saat ini belum diketahui dengan pasti mengenai penamaan ruas jalan di Indonesia itu, karena pemerintah Turki masih berembuk. Lokasinya jalan yang akan diganti namanya juga belum ditentukan pemerintah Indonesia.

Hingga saat ini, nama pahlawan nasional Indonesia telah banyak yang diabadikan di luar negeri. Paling banyak di Belanda, dan yang paling terbaru di Timur Tengah.

Berikut nama tokoh Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negeri:

1. Jalan Soekarno, Maroko

Nama Presiden Indonesia pertama, Soekarno, nampaknya yang paling sering diabadikan menjadi nama jalan di luar negeri.

Di kota Rabat, Maroko, ada Avenue Soekarno, yang berada tepat di depan Bank Al Maghreb.

Maroko sangat berutang budi kepada Soekarno dan bangsa Indonesia untuk keluar dari penjajahan pada 1945. Berikut Konferensi Asia Afrika pada 1955 dan kunjungan Presiden Sukarno pada 2 Mei 1960. Juga terhitung sebagai kunjungan kepresidenan pertama untuk Maroko, setelah kemerdekaannya pada 1956.

Jasa Bung Karno menggelar Konferensi Asia Afrika yang mempersatukan negara-negara dua benua juga membuat Mesir mengabadikan nama jalan Ahmed Sokarno di Kairo.

Begitu juga dengan Pakistan yang mengabadikan nama Soekarno Road di Peshawar.

2. Jalan Mohammad Hatta, Belanda

Nama Bung Hatta diabadikan sebagai nama sebuah jalan di kawasan Haarlem, Belanda. Dalam bahasa lokal, nama jalannya ialah Mohammed Hatta Straat.

Sosok Mohammad Hatta dikenang karena kejeniusannya membantu mengawal Indonesia sampai merdeka bersama Soekarno.

Di sini, jalan sang Wakil Presiden Indonesia pertama itu tersambung dengan jalan Sutan Sjahrirstraat, nama pahlawan nasional Indonesia lain yang juga diabadikan di Belanda.

3. Jalan RA Kartini, Belanda

Perjuangan RA Kartini dalam hal hak perempuan mengenyam pendidikan juga terdengar sampai Negara Kincir Angin.

Di Belanda, jalan Raden Adjeng Kartinistraat bisa ditemukan di Amsterdam, tak jauh dengan Rosa Luxemburgstraat, nama tokoh perempuan sayap kiri Eropa.

Ada juga Kartinistraat di Harlem, Belanda, tepatnya di kawasan permukiman.

Selain itu, Kartini menjadi nama jalan di Utrecht dan Venlo.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...



7 Nama Tokoh Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Luar Negeri

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER