Buku Baru

Mantan Kekasih Presiden Prancis Bukukan Kisah Perpisahannya

Donatus Fernanda Putra, CNN Indonesia | Jumat, 05/09/2014 15:35 WIB
Mantan Kekasih Presiden Prancis Bukukan Kisah Perpisahannya Francois Hollande dan Valerie Trierweiler (CNN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam buku yang ia tulis sendiri, Valerie Trierweiler, mantan kekasih Francois Hollande, menceritakan isi hati dan pengalaman di hari-hari terakhir hubungannya dengan sang Presiden Prancis. Di buku berjudul Thank You For This Moment, yang dirilis minggu ini, mantan wanita nomor satu di Prancis itu menceritakan akhir kisah asmara dengan Hollande.

Sebuah foto yang menunjukkan kedekatan Hollande dengan aktris Julie Gayet, yang sempat muncul di tabloid Prancis Closer Januari lalu, menjadi penyebab kandasnya hubungan asmara yang telah dirajut selama tujuh tahun itu.

"Aku tak ingin mendengar ini. Aku bergegas menuju kamar mandi dan mengambil kantong plastik kecil berisi obat tidur," tulis Trierweiler tentang reaksinya terhadap kemunculan foto mesra Hollande dengan wanita lain.


Wanita berusia 49 tahun itu kemudian bercerita bahwa dirinya sempat menghabiskan beberapa hari di rumah sakit akibat menderita stres dan kelelahan.

Trierweiler, yang mulai menjalin hubungan dengan Hollande sejak 2007, mengatakan sudah dua kali ia dihadapkan dengan rumor perselingkuhan pasangannya. Pertama di Maret 2013 dan terulang lagi pada Desember.

"Saya bertanya padanya (Hollande), ‘Bersumpahlah pada anak-anak kita bahwa itu tidak benar dan saya tidak akan pernah membicarakannya lagi’,” tulis Trierweiler. Hollande pun bersumpah bahwa semuanya tidak benar dan menyebut rumor itu adalah omong kosong belaka.

Selain itu Trierweiler juga menceritakan bagaimana sulitnya bertemu dengan Hollande semenjak ia menjabat sebagai presiden. Bahkan seorang anggota tim komunikasi presiden sempat melarang dirinya menemui Hollande.

Setelah berpisah, Trierweiler mengatakan Hollande terus membujuk dirinya untuk rujuk kembali. "Setiap malam ia meminta waktu untuk makan malam bersama. Dia mengibaratkan saya seperti sebuah pemilihan umum yang dapat dimenangkan kembali," kenang wanita yang juga berprofesi sebagai seorang jurnalis itu. Padahal seperti diketahui, Hollande dan Trierweiler tidak pernah terikat dalam hubungan pernikahan.

Ini bukan pertama kalinya kehidupan pribadi Hollande menjadi subyek pemberitaan media Prancis. Pada 2007, saat Hollande memutuskan mengakhiri hubungan dengan Segolene Royal, media berspekulasi perpecahan itu terjadi akibat kehadiran Trierweiler.