Nicholas Saputra Bingung Harus Kembali Perankan Rangga

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Kamis, 07/05/2015 14:30 WIB
Nicholas Saputra Bingung Harus Kembali Perankan Rangga Nicholas Saputra saat menjadi Rangga dalam AADC. (Dok. Miles)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah 12 tahun tak ada kabar, Rangga mendadak muncul. Ia akan pulang ke Jakarta dan ingin bertemu kembali dengan cintanya semasa SMA, Cinta. Rangga diperankan Nicholas Saputra, Dian Sastrowardoyo menjadi Cinta.

Begitu kira-kira konsep video pendek yang dibuat salah satu aplikasi komunikasi, akhir tahun lalu. Konsep itu "meminjam" ekspektasi kelanjutan cerita Ada Apa dengan Cinta?, film yang populer tahun 2002 dan sangat fenomenal.

Nicho dan Dian memang memerankan Rangga dan Cinta dalam film yang diproduser Mira Lesmana itu. Mereka lalu menjadi idola kaum muda, dianggap sebagai sejoli perfilman yang abadi.


Sebelum kembali muncul sebagai Rangga di mini video yang disponsori aplikasi komunikasi, Nicho rupanya merasa perlu berkonsultasi. Ia mengajak berbincang Rako Prijanto, asisten sutradara AADC yang juga pencipta puisinya.

Keduanya bertemu di salah satu premiere film Rako, 3 Nafas Likas. Keduanya berdiskusi cukup lama soal Rangga dan Cinta yang bertemu lagi.

"Kalau Rangga dan Cinta ketemu lagi kira-kira akan menyampaikan apa ya?" Rako menirukan pertanyaan Nicho padanya usai premiere film itu. Rako dianggap mengenal betul baik karakter Rangga maupun Cinta. Sebab, ia ikut menulis sinopsis, skenario, bahkan puisinya.

"Saya bilang, Rangga harus menjadi seseorang yang merasa tidak bisa memenuhi janjinya. Dia akan meminta maaf," ujar Rako saat dihubungi CNN Indonesia melalui telepon, Kamis (7/5).

Janji yang dimaksud berhubungan dengan salah satu puisi ikonik yang ia ciptakan: Ada apa dengan Cinta aias Perempuan. Dalam puisi yang memisahkan Rangga dan Cinta di bandara dalam film AADC, ada satu kalimat yang berupa janji.

"Tapi aku pasti kembali dalam satu purnama. Untuk mempertanyakan kembali cintanya."

Namun faktanya, Rangga terus di Amerika tanpa memberi kabar pada Cinta, 12 tahun lamanya. Karena janji tak dipenuhi, Rako merasa Rangga yang pendiam dan serius harus minta maaf. Dan itulah memang yang ia lakukan di mini video.

Sebelum akhirnya bertemu kembali dengan Cinta yang datang menyusul ke bandara, persis saat ia akan masuk pesawat, Rangga sempat menulis pesan melalui ponselnya, "Saya minta maaf."

Sementara Cinta, Rako melanjutkan, merasa tak kalah galau. "Merasa ada sesuatu yang belum selesai di antara mereka, meskipun mungkin akhirnya mereka tidak menjadi satu," tuturnya.

Rako tidak tahu apakah itu juga yang akan menjadi inti cerita dalam sekuel AADC. Yang jelas, Mira sudah memastikan pihaknya bakal memproduksi film itu. Ia juga ingin pemainnya tetap Nicho dan Dian, meski penampilan keduanya tak lagi seperti remaja SMA.

(rsa/rsa)