David Oyelowo Kebagian Peran James Bond

Nadi Tirta Pradesha, CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2015 11:21 WIB
David Oyelowo Kebagian Peran James Bond David Oyelowo (REUTERS/Danny Moloshok)
Jakarta, CNN Indonesia -- David Oyelowo menjadi aktor kulit hitam pertama yang akan menghidupkan James Bond. Namun aktor pemeran Martin Luther King Jr. di film Selma (2014) ini tak akan muncul di layar lebar, melainkan urun suara saja.

Pria kelahiran Oxford dari orang tua asal Nigeria ini akan menyuarai James Bond dalam novel audio teranyar sang agen 007 berjudul Trigger Mortis. Rencananya novel audio ini akan dirilis, pada 8 September.

Trigger Mortis ditulis oleh Anthony Horowitz berdasarkan kisah awal yang ditulis Ian Fleming. Dalam buku tersebut, Oyelowo tak hanya berperan sebagai James Bond namun juga mengisi beberapa karakter lain .


Ini bukan kali pertama Oyelowo menembus batas rasial dalam memerankan suatu karakter. Sebelumnya, Oyelowo pernah berperan sebagai Henry VI dalam produksi Royal Shakespeare Company.

Oyelowo adalah aktor kulit hitam pertama yang berperan sebagai raja Inggris di produksi teater berskala besar.

Terkait penunjukan dirinya, Oyelowo berkata, pada Rabu (12/8), kepada pada The Guardian, bahwa ia merasa sangat terhormat. Permintaan ini, menurut Oyelowo, terasa lebih spesial karena datang langsung dari pewaris Ian Fleming.

"Saya adalah James Bond yang baru—mengucap kalimat itu terasa seperti mengucap pidato 'to be or not to be' dalam dunia sinema," jelas Oyelowo.

Penulis Trigger Mortis, Anthony Horowitz juga merespon kesediaan Oyelowo dengan antusias.

"Kesediaan David membaca (novel) Bond versi saya adalah suatu kehormatan. Dia memiliki suara dan bakat yang luar biasa, hal itu dapat membangkitkan nuansa dalam dialog para karakter," jelas Horowitz.

(ntp/vga)