Penonton Lebih Penasaran ke Mars Ketimbang Neverland

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 12/10/2015 09:05 WIB
Penonton Lebih Penasaran ke Mars Ketimbang Neverland Film Pan gagal merebut perhatian pada pekan debutnya. (dok. Panmovie.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Warner Bros menghabiskan US$150 juta membawa penonton ke petualangan Neverland, mencicipi pengalaman bertemu peri, makhluk dongeng, dan bajak laut kejam lewat film Pan. Namun hasilnya tidak terlalu menyimpulkan senyum.

Pan, film terbaru Hugh Jackman yang rilis 9 Oktober lalu, hanya mengantongi US$15,5 juta atau Rp210 miliar pekan ini. Ia bersanding dengan film-film lain yang flop tahun ini, seperti The Fantastic Four dan Tomorrowland.

"Ini kegagalan yang besar. Sepertinya kita tidak akan melihat film Peter Pan lain beberapa waktu ini," kata analis box office, Jeff Bock, seperti dilansir media Reuters.


Bukan satu-satunya film pekan ini yang mengecewakan, Pan ditemani The Walk, film biopik tentang akrobator Perancis, Philippe Petit. Hanya dirilis dalam IMAX dan khusus untuk teater format besar, film itu mengantongi US$3,6 juta atau Rp48,7 miliar.

Padahal, film yang dibintangi Joseph Gordon-Levitt itu mengeluarkan US$35 juta atau Rp474 miliar untuk biaya produksi. Ulasan yang bagus tentang efek tiga dimensinya tidak membantu film itu berpamor lebih tinggi pekan ini.

Box office masih dikuasai rasa penasaran penonton akan kehidupan di Mars, yang disuguhkan lewat film The Martian. Film yang dibintangi Matt Damon itu stabil di peringkat pertama dengan penjualan tiket tercatat US$37 juta atau Rp501 miliar hanya pekan ini saja.

Angka itu menambah penghasilan domestik The Martian menjadi US$108,7 juta atau Rp1,4 triliun hanya di Amerika Serikat dan Kanada.

Di bawahnya, mengekor Hotel Transylvania 2 yang masih mengantongi US$20,3 juta atau Rp275 miliar pada pekan ke-tiga. Penghasilan domestik keseluruhan film Sony Pictures itu mencapai US$116,8 juta atau Rp1,5 triliun.

Dengan Pan di posisi ke-tiga, peringkat ke-empat dan ke-lima box office pekan ini diduduki The Intern dan Sicario. The Intern yang dibintangi Anne Hathaway mengantongi US$8,7 juta atau Rp117 miliar, sementara Sicario mendapat US$7,3 juta atau Rp98,9 miliar.

Di luar box office, film biopik yang cukup dinanti, Steve Jobs sudah mulai dirilis meski baru secara terbatas. Film tentang pendiri Apple itu diputar di empat teater dan menghasillkan US$130 ribu atau Rp1,7 miliar. Termasuk awal yang bagus.

Steve Jobs baru rilis secara global pada 23 Oktober mendatang. Film itu dibintangi Michael Fassbender, Kate Winslet, dan Seth Rogen. Meski dikritik tidak akurat, penulis film itu berkeras para bintang sudah menemui karakter asli mereka di dunia nyata untuk riset. (rsa/rsa)