Kenangan Aksi Rolling Stones di Kuba Didokumentasikan

Andika Putra, CNN Indonesia | Sabtu, 30/07/2016 12:06 WIB
Kenangan Aksi Rolling Stones di Kuba Didokumentasikan Film dokumenter bertajuk Havana Moon: The Rolling Stones Live in Cuba itu akan tayang di bioskop pada September 2016 mendatang. (Carlos Muller/Getty Images for TDF Productions)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konser Rolling Stones di Kuba, pada Maret lalu, berlangsung mulus. Tentu saja kesuksesan di panggung Kuba layak diabadikan, maka grup band legendaris asal Inggris ini pun membentuk tim dokumentasi.

Setelah lima bulan bekerja, tim dokumentasi Rolling Stones siap merilis film dokumenter. Film bertajuk Havana Moon: The Rolling Stones Live in Cuba itu akan tayang di bioskop pada September 2016 mendatang.

Mengutip NME, film dokumenter ini digarap oleh Paul Dugdale, salah satu sutradara yang berpengalaman membuat film dokumenter. Sebelumnya, ia membuat film dokumenter untuk Coldplay, Adele dan One Direction.


Penampilan grup band yang digawangi oleh Mick Jagger (vokal), Keith Richards (bass), Charlie Watts (drum) dan Ronnie Wood (gitar) di Kuba ini menorehkan sejarah belantika musik dunia. Rolling Stone adalah grup band rock pertama yang tampil di Kuba era kini dan ditonton ribuan orang.

Pemerintah Kuba sempat melarang musisi internasional untuk tampil di negaranya. Terutama musisi yang berasal dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris, karena dianggap memiliki ideologi berbeda. Namun situasi itu perlahan-lahan mulai berubah, apalagi setelah Kuba memperbaiki hubungan dengan AS.

Film dokumenter Rolling Stone akan ditayangkan dengan cara berbeda. Film ini hanya akan ditayang di bioskop selama satu hari. Orang yang telat membeli tiket tidak akan bisa melihat aksi Jagger dkk di Kuba.

Jagger menjelaskan bahwa ia tak pernah melupakan penampilannya di Kuba. Walau sudah sering berkeliling dunia, mereka merasa penampilan di Kuba terbilang spesial.

"Penampilan di Kuba menakjubkan. Itu momen yang luar biasa, banyak sekali penonton yang bisa dilihat sejauh mata memandang. Anda harus merasakan antusiasme penonton ketika saya berdiri [di atas panggung]," kata Jagger.

Richards melanjutkan, "Saat itu ada Matahari, Bulan, bintang dan The Rolling Stones. Akhirnya [kami] memiliki kesempatan untuk tampil spesial di Kuba. Malam di Havana yang selalu dikenang."

Saat tampil di Kuba, Rolling Stone membawakan lagu hits mereka pada masanya. Seperti (I Can't Get No) Satisfaction, Start Me Up, Jumpin Jack Flash dan Brown Sugar. Aksi mereka membawakan lagu-lagu tersebut kelak bisa disimak di film dokumenternya. (vga/vga)