Ed Sheeran Tunda Rilis Album karena Kemenangan Trump

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Rabu, 18/01/2017 14:04 WIB
Ed Sheeran Tunda Rilis Album karena Kemenangan Trump Awalnya ia ingin merilis album November lalu, akan tetapi ditunda karena riuh kemenangan Trump sebagai presiden terpilih AS saat itu. (Foto: Toby Melville)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah vakum selama satu tahun, penyanyi Ed Sheeran menandai kembali ke dunia musik pada awal tahun ini. Namun, dibalik itu dia mengungkapkan telah siap kembali jauh lebih cepat dari waktu tersebut.

Dilaporkan Contact Music, pelantun Photograph itu mengatakan bahwa mulanya ia berencana untuk merilis ÷ (Divide) pada November lalu, tetapi ia terpaksa menundanya karena kisruh yang terjadi setelah kemenangan Trump.

"Rencananya [lagu perdana] dirilis pada September dan kemudian albumnya dimaksudkan untuk rilis pada November. Namun, di minggu album ini dijadwalkan keluar itu seminggu setelah pemilihan presiden AS," ujarnya.


Dia kemudian mengkhawatirkan, sekalipun ia tetap merilis album di waktu tersebut, menurutnya semua orang akan fokus pada hasil pemilihan presiden AS.

"Gempuran media akan soal itu [Pemilu AS], jelas jika saya merilisnya, dan mendapat rekor sekalipun maka tidak ada yang akan peduli," tambahnya.

Tak hanya pemilihan presiden AS yang membuatnya khawatir, kemunculan karya baru dari rekan sesama penyanyi pun turut menjadi pertimbangan Sheeran saat itu. Dia tak ingin bersaing secara ketat untuk itu.

"Seminggu setelahnya Bruno [Mars] merilis [album], seminggu berikutnya The Weeknd pun ikut merilis, dan saya seperti [tidak untuk itu] ...," katanya.

Sheeran kemudian melanjutkan mengatakan bahwa merilis album pada 2017 adalah rencana terbaiknya. Dia merasa di waktu yang ia pilih ini, dirinya tidak perlu berhadapan langsung dengan musisi lain untuk bersaing.

"Rasanya ini waktu yang tepat untuk memulai, meskipun bisa saja waktu ini datang pada orang lain juga," katanya. Sheeran pun mengenang masa-masa di awal kariernya ia dinominasikan untuk setiap penghargaan tapi kemudian Adele pun turut serta dinominasikan untuk setiap penghargaan juga.

Tapi kini dia merasa yakin, bahwa waktu yang kini dipilihnya, ia tak akan bersaing dengan siapapun dan melaju sendiri.

"Saya sangat, sangat percaya diri untuk tahun ini. Tahun ini adalah milik saya," pungkasnya.

Di awal tahun ini, Sheeran membuka jalannya kembali dan mencuri perhatian lewat perilisan dua buah lagu yakni Shape of You dan Castle on The Hill. Menariknya, dalam tangga lagu musik dunia ia langsung menduduki dua posisi teratas lewat dua lagunya tersebut. (rah/rah)