Jawaban Slank untuk Penyebar Hoax: 'Pala Lu Peyank'

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 19/01/2017 10:42 WIB
Jawaban Slank untuk Penyebar Hoax: 'Pala Lu Peyank' Slank akan meluncurkan album baru, 1 Februari mendatang. (CNNIndonesia/Munaya Nasiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Slank siap merilis album baru Februari mendatang. Itu disampaikan langsung sang bassis, Ivanka. Ditemui di Jakarta, Rabu (18/1) ia memastikan, album itu akan dirilis 1 Februari.

Seperti karakter Slank selama ini, mereka menyuguhkan lagu-lagu yang masih bersinggungan dengan kondisi sosial. Kata Ivanka, lagu-lagu Slank kali ini akan mengkritik hal aktual.

“Kami kritik atau bentuk peran terhadap isu hoax, karena ada pihak-pihak tertentu yang memang sengaja menyebarkan hal itu untuk bikin kondisi jadi lebih runyam lagi," ujarnya.


Sebutannya untuk orang-orang yang sengaja menyebar isu itu dijadikannya judul album.

“Kami kasih julukan ke orang-orang itu ya dengan ‘Pala Lu Peyank.’ Orang-orang yang tidak setuju untuk gerakan anti korupsi, gerakan melindungi alam, yang anti kebaikan pun kami beri julukan itu," ujarnya, sekaligus memastikan Pala Lu Peyank sebagai judul album itu.

Selain bentuk kritik terhadap masalah sosial yang terjadi di Indonesia, Ivanka melanjutkan, album itu juga menjadi persembahan Slank untuk personel mereka, Abdee Negara.

Seperti diketahui, selama ini pemetik gitar grup itu tak terlibat secara aktif bersama mereka karena menderita gagal ginjal. Abdee tak ikut campur sedikit pun di album baru itu.

"Album ini kami dedikasikan untuk Abdee karena dia enggak ikut. Sama sekali dia enggak terlibat. Enggak ada additional, Ridho sendiri saja [pemain gitar],” ujar Ivanka.

Meski Abdee tak lagi terlibat, Ivanka menegaskan ia masih jadi bagian dari Slank.

"Untuk menyemangati dia supaya survive, sampai pulih kami akan tunggu. Satu album ini untuk Abdee, bahwa kita punya tujuan bersama dan ada dalam situ, perjalanan panjang kami."

Album itu akan berisi 12 lagu yang diciptakan bersama-sama oleh seluruh personel Slank.

"Kalau kemarin-kemarin, Bimbim misalnya, bawa lagu baru kami aransemen, Kaka bawa lagu begitu juga. Kali ini kami langsung bikin sama-sama. Lagi jalan-jalan ke Yogya kami bikin lagu bareng di pantai, lalu saat ke Bali," ujar Ivanka menceritakan prosesnya.

Belakangan ini Slank disibukkan keterlibatan mereka dalam pementasan teatrikal puisi karya Radhar Panca Dahana, Manusia Istana. Pentas itu sendiri akan diadakan 28 Januari mendatang. Kata Ivanka, itu juga merupakan salah satu keinginan terpendam Abdee.

Bukan hanya itu, Slank sepertinya juga akan semakin dekat dengan pentas budaya. Sebelum terlibat dalam Manusia Istana, Slank bertemu dengan cucu mendiang penyair Chairil Anwar.

"Kami ingin buat karya musik dari puisi Chairil Anwar, kemudian ketemu Mas Radhar dengan tawaran ini, ini jadi jembatan,” kata Ivanka. Di Manusia Istana, mereka juga ‘bertugas’ membuat karya musik dari puisi-puisi Radhar yang dibukukan dengan tajuk sama itu.

Bedanya, kepada CNNIndonesia.com Ivanka mengatakan, karya Chairil akan dibuatkan sebuah film. Slank yang mengisi musik pengiringnya. "Kebetulan punya teman cucunya Chairil, lalu ngobrol katanya ada rencana mau bikin Chairil Anwar secara sinematografi,” ceritanya.

“Kami pun menawarkan diri untuk buatkan musiknya," ia melanjutkan.

Sayangnya, rencana itu masih panjang. “Masih lama banget," ujar Ivanka mengakhiri.